Khawatirkan Polusi Udara, 50 Ribu Penduduk Tandatangani Petisi Pengaturan Kapal Pesiar di Marseille
Ilustrasi kapal pesiar di Pelabuhan Marseille. (Wikimedia Commons/Roman Hofer)

Bagikan:

JAKARTA - Lebih dari 50.000 orang telah menandatangani petisi untuk melarang kapal pesiar yang mencemari dari Marseille, Prancis.

Kota Prancis adalah salah satu pelabuhan kapal pesiar tersibuk di Eropa, menarik hampir dua juta penumpang per tahun. Tetapi ketika polusi udara memburuk, banyak penduduk setempat merasa cukup.

Pada Bulan Juli, Wali Kota Benoît Payan meluncurkan petisi untuk melarang kapal pesiar untuk berhenti.

"Mediterania perlahan-lahan sekarat, tetapi pelobi kapal pesiar raksasa ingin terus mengotorinya," tweetnya bulan lalu, melansir Euronews 1 September.

Di Marseille, suka atau tidak suka, kami akan terus berjuang," sambungnya.

Sampai saat ini, lebih dari 52.000 orang telah menandatangani petisi untuk menghentikan Mediterania dari polusi akibat kapal pesiar.

Apakah kapal pesiar menyebabkan polusi udara? Kapal pesiar diketahui 'menyumbang' sekitar 10 persen dari polusi udara di Marseille.

Pada tahun 2018, sebuah studi oleh kelompok pemantau kualitas udara Atmosud mengungkapkan, emisi dari kapal pesiar melebihi emisi mobil di kota.

kapal pesiar di marseille
Ilustrasi kapal pesiar di Pelabuhan Marseille. (Wikimedia Commons/Bybbisch94/Christian Gebhardt)

"Sebuah kapal yang berlabuh selama satu jam di Marseille setara dengan 30.000 kendaraan yang melaju dengan kecepatan 30 km/jam di Marseille, selama satu jam," terang Damien Piga dari Atmosud memperingatkan.

Dampak polusi berbeda-beda tergantung pada kondisi cuaca.

"Untuk polusi laut, kami terutama melihat efek plume, yang berarti dampak yang bergerak dan ditentukan oleh arah angin," jelas Piga.

"Ketika kita berada dalam gumpalan polusi ini, kita akan memiliki konsentrasi yang sangat tinggi," tandasnya.

Konsentrasi beracun dari sulfur dioksida, nitrogen oksida, dan partikel dapat memiliki konsekuensi kesehatan yang berbahaya.

Sementara, Michèle Rauzier warga setempat yang tinggal di daerah pelabuhan selama bertahun-tahun, telah melihat langsung dampak polusinya.

"Di lingkungan ini kami memiliki orang sehat dalam kondisi baik, bukan perokok - yang meninggal karena kanker pernapasan, dan itu menjadi lebih umum," ungkapnya.

"Jadi kami sangat khawatir," tandasnya.

Akankah kapal pesiar dilarang di Marseille? Marseille bukan satu-satunya kota yang membalas polusi udara dari kapal pesiar.

Pada tahun 2021, Venesia melarang kapal pesiar besar dari lagunanya. Awal tahun ini, Barcelona mengumumkan mereka akan memungut 'pajak polusi' pada turis kapal pesiar.

kapal pesiar di marseille
Ilustrasi kapal pesiar di Pelabuhan Marseille. (Wikimedia Commons/Bybbisch94/Christian Gebhardt)

Namun di Marseille, serikat pekerja maritim setempat memiliki kekhawatiran, tentang kampanye untuk mengatur industri tersebut.

Ekonomi kota sangat bergantung pada kapal pesiar, kata Alain Mistre, presiden UMF (Maritime and River Union of Marseille Fos).

"Marseille sangat populer, pemilik restoran memberi tahu saya beberapa hari yang lalu bahwa ada 20 persen lebih banyak bisnis sejak penumpang kapal pesiar dan anggota awak kembali," jelasnya.

"Jadi itu benar-benar anugerah finansial," lanjut Mistre.

Diketahui, sebelum pandemi COVID-19, industri pelayaran menyumbang sekitar 350 juta euro per tahun untuk ekonomi setempat.

Mistre menegaskan, teknologi pelayaran 'hijau' membuat industri lebih ramah lingkungan. Tapi, gerakan kolektif anti-pesiar 'Stop Cruises' tidak setuju.

"Bagi kami, solusinya adalah menghentikan pelayaran. Kami berpikir bahwa industri ini secara struktural tidak sesuai dengan dunia kita," tutur kata aktivis Rémy Yves.

"Kita dapat mencari solusi greenwashing dan adaptasi, (tetapi) pada kenyataannya kita akan memiliki pariwisata massal yang sepenuhnya bertentangan dengan segalanya, dalam hal konsumsi sumber daya," pungkasnya.