Sempat Terputus Akibat Longsor, Jalan Sentra Jagung di Barito Utara Sudah Bisa Diakses Kendaraan
Penanganan jalan yang longsor di jalan poros Tongka – Batu Raya, Kecamatan Gunung Timang, Kamis 15 September. ANTARA/HO-Dinas PUPR Barito Utara

Bagikan:

KALTENG - Desa Batu Raya, Kecamatan Gunung Timang, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah (Kalteng), yang mengalami longsor, kini sudah bisa dilewati kendaraan bermotor.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Barito Utara M Iman Topik mengatakan salah satu kawasan sentra tanaman jagung itu sudah bisa diakses roda dua maupun empat.

"Alhamdulillah ruas jalan longsor di poros Tongka - Batu Raya, Kecamatan Gunung Timang pada tiga titik sudah teratasi dan fungsional kembali. Dan sudah bisa dilalui kendaraan roda empat," kata Iman di Muara Teweh, dikutip dari Antara, Jumat 16 September

Menurut dia, terdapat tiga titik perbaikan di lokasi longsor ruas jalan Tongka - Batu Raya.

Iman menuturkan, titik perbaikan pertama STA, 2+600 (pemadatan timbunan longsor yang kemaren), kemudian STA. 4+100 pelebaran pada sebelah kiri bahu jalan karena pada bagian kanan ada titik longsor dan STA 4+600 pelebaran kanan bahu jalan arah Batu Raya sekaligus penimbunan badan jalan longsor pada bagian kiri jalan.


Saat melakukan penanganan jalan longsor, Iman bersama Kepala Bidang Bina Marga dan pejabat teknis langsung turun ke lokasi penanganan jalan longsor. Alat berat yang digunakan dalam penanganan ekskavator dan baby roller.

"Kita harapkan transportasi masyarakat tidak terganggu lagi dan kembali lancar terutama untuk mengangkut hasil perkebunan jagung di daerah setempat," katanya.

Jalan longsor di ruas jalan menghubungkan Tongka - Batu Raya itu terjadi sejak Selasa 30 Agustus malam, akibatnya kendaraan roda empat dari arah Kandui ibu kota Kecamatan Gunung Timang, menuju Batu Raya maupun sebaliknya tak bisa lewat lokasi tersebut. Lokasi longsor berada sekitar tiga kilometer dari arah Desa Tongka.

Longsor yang terjadi d ruas jalan tersebut diketahui setelah Kepala Desa Tongka Edy Sumantri, pada Jumat 2 September sekitar pukul 14.30 WIB menginformasikan melalui media sosial .

"Tetap kebersamaan masyarakat memperbaiki jalan Tongka- Batu Raya yang longsor hampir tidak bisa dilewati motor. Kalau roda empat nggak bisa lewat. Mudah-mudahan dari pihak Dinas PUPR Kabupaten Barito Utara ada perhatian dan kemurahan hati bisa mendatangkan alat berat ekskavator supaya bisa menimbun yang longsor demi kelancaran umum," begitu cuitan Kades Tongka Edy Sumantri di media sosialnya.