Anies Nyatakan Siap Nyapres, PDIP: Itu Haknya, Kita Lihat Apa Ada Partai Mau Terima?
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Instagram @aniesbaswedan)

Bagikan:

JAKARTA - Anggota Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak menanggapi pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang mengaku siap maju sebagai calon presiden dalam Pemilu 2024 jika ada partai yang mengusungnya.

Gilbert memandang rencana pencalonan presiden ini merupakan hak pribadi Anies. Namun, Gilbert mempertanyakan apakah ada partai atau koalisi partai yang mau mengusungnya atau tidak.

Sebab, menurut Gilbert, partai politik lebih menginginkan kadernya untuk diusung dalam Pilpres dua tahun mendatang.

"Saya kira itu keputusan yang baik, dan haknya. Nanti kita lihat apakah ada partai yang mau menerima, karena selayaknya mereka yang berkeringat membangun partai yang biasanya dicalonkan," kata Gilbert dalam pesan singkat, Jumat, 16 September.

Bagi Gilbert, partai yang dipimpin oleh Megawati Soekarnoputri ini akan melihat rekam jejak tokoh yang akan diusung sebagai calon presiden. Sementara, Gilbert memadang Anies tidak cocok diusung oleh PDIP.

"PDIP lebih melihat rekam jejak, dedikasi dan kinerja. Mungkin ada partai lain yang berminat. Itu akan membuktikan apakah kinerjanya selama jadi Gubernur DKI memang layak jadi presiden atau tidak lewat pilihan rakyat," ungkap dia.

Diketahui, di Singapura, Anies menyatakan siap maju sebagai calon presiden pada Pemilu 2024 jika ada partai politik atau gabungan partai politik yang mau mengusungnya.

"Saya siap mencalonkan diri sebagai presiden jika sebuah partai mencalonkan saya," kata Anies kepada Reuters dalam sebuah wawancara di Singapura, Kamis, 15 September.

Anies mengungkapkan bahwa dirinya memiliki ruang untuk berkomunikasi dengan semua partai demi bisa mengikuti kontestasi politik dua tahun mendatang. Sebab, dia merupakan tokoh politik yang berada pada jalur independen dan tidak bergabung dengan partai manapun.

Anies pun menanggapi beberapa hasil survei calon presiden yang menunjukkan bahwa elektabilitasnya saat ini termasuk yang tertinggi. "Survei yang tidak diminta ini terjadi bahkan sebelum saya berkampanye, saya pikir mereka memberi saya lebih banyak kredibilitas," ungkap Anies.