Tegas Peringatkan Amerika Serikat untuk Tidak Kirim Rudal Jarak Jauh ke Ukraina, Rusia: Lewati Garis Merah
Maria Zakharova. (Twitter/@RussianEmbassy)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Luar Negeri Rusia kembali memperingatkan Amerika Serikat dengan tegas, memasok rudal jarak jauh untuk Ukraina, sama dengan melanggar garis merah dan menjadikan mereka pihak dalam konflik.

Dalam sebuah pengarahan, juru bicara Kementerian Luar Negeri Maria Zakharova menegaskan, Rusia "berhak untuk mempertahankan wilayahnya".

"Jika Washington memutuskan untuk memasok rudal jarak jauh ke Kyiv, maka itu akan melewati garis merah, dan akan menjadi pihak langsung dalam konflik," tegas Zakharova, melansir Reuters 15 September.

Ukraina telah meminta dan menerima sejumlah besar senjata dari Amerika Serikat dan sekutu Barat lainnya, untuk membantu melawan angkatan bersenjata Rusia yang menginvasi Ukraina pada Februari.

Sementara, meski telah memasok Ukraina dengan roket canggih yang dapat mencapai target hingga 80 km (50 mil), Washington sejauh ini menahan diri dari mengumumkan secara terbuka akan mengirim roket dengan jangkauan lebih dari dua kali lipat.

Sebelumnya, pejabat Negeri Paman Sam mengatakan, pihak Ukraina telah berjanji untuk tidak menggunakan roket pemberian Amerika Serikat untuk menyerang wilayah Rusia.