Bagikan:

JAKARTA - Sudin Gulkarmat Jakarta Barat menyatakan, peristiwa kebakaran yang melanda 4 kos-kosan di Jalan Mangga Besar IX, RT 12/07, Kelurahan Tangki, Kecamatan Tamansari, Jakarta Barat disebabkan karena bakaran sampah. Akibat peristiwa itu sebanyak 16 kepala keluarga (KK) berimbas tidak memiliki tempat tinggal.

Menurut keterangan Sudin Gulkarmat, api berkobar pukul 12.33 WIB. Kemudian api berhasil dipadamkan dengan bantuan penyiraman air oleh 17 unit mobil pemadam kebakaran.

Kasiop Sudin Gulkarmat Jakarta Barat Syarifudin mengatakan, obyek yang terbakar terdiri dari bangunan semi permanen yang terbuat dari tembok dan kayu.

"Penyebab munculnya api diduga karena warga membakar sampah. Objek yang terbakar seluas 400 m2," kata Syarifudin saat dikonfirmasi VOI, Selasa, 13 September.

Setelah mendapatkan laporan kebakaran, petugas Sudin Gulkarmat Jakarta Barat mengerahkan 17 unit mobil pemadam kebakaran dengan 78 personel.

"Kerugian ditaksir mencapai Rp1 miliar. Akibat kebakaran, sebanyak 16 KK dengan 30 jiwa terpaksa kehilangan tempat tinggal," ujarnya.

Beruntung, tidak ada korban jiwa maupun luka akibat kebakaran itu. Namun sebanyak 4 rumah yang dijadikan tempat kost ludes dilahap api.

Dari keterangan salah satu warga bernama Diki, bangunan yang terbakar adalah dua kos-kosan, dua rumah warga dan sebagian bangunan sekolah dasar