Anies Sebut Program Rumah DP Rp0 Terus Berlanjut Meski Masa Jabatannya Berakhir
Rumah DP Rp0 (Foto: Diah Ayu/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut bahwa program Rumah DP Rp0 akan terus berlanjut meskipun masa jabatannya di Jakarta berakhir dan berganti dengan kepemimpinan baru.

Sebab, Anies telah mengeluarkan peraturan mengenai rumah DP Rp0 itu tercantum dalam Peraturan Gubernur Nomor 14 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Gubernur Nomor 104 Tahun 2018 tentang Fasilitas Pembiayaan Perolehan Rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah.

Hal ini ia katakan dalam peresmian pembangunan 1.348 unit Rumah DP Rp0 Nuansa Cilangkap yang berlokasi di Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur.

"Ya, (Rumah DP Rp0) tetep berlanjut dan ini justru pakai peraturan. Saya bekerja dengan institusi, bukan dengan personality. Kerjanya dengan institusi. Semua yang dikerjakan dalam bentuk peraturan itulah institusinya," kata Anies, Kamis, 8 September.

Dari peraturan yang ada, Anies menyebut Pj Gubernur DKI maupun Gubernur DKI yang nanti terpilih dalam Pilkada 2024 dan seterusnya tetap bisa menjalankan program Rumah Dp Rp0.

"Peraturan ini nantinya bisa dinilai oleh semuanya dan dilaksanakan. Sehingga, siapapun yang bertugas dia akan menjalankan dengan ketetnuan yang ada. Nah, itulah yang slelau saya pegang prinsip good governance, prinsip manajemen yang benar," urainya.

Anies pun menyebut pengembang swasta juga berkewajiban untuk terlibat dalam penyediaan hunian tanpa DP bagi warga Jakarta.

Ia mencontohkan, Pemprov DKI dan swasta tengah bekerja sama untuk membangun tambahan 700 unit rumah DP Rp0. Ditargetkan, konstruksi hunian ini akan selesai pada tahun 2024.

"Ada 700 unit yang sedang dalam proses pembangunanya, jadi memang itu dikerjakan dan memang dikerjakan oleh pihak swasta, kewajiban mereka ditujukan dalam bentuk program rumah 0 rupiah. Jadi, nantinya minimal kita punya lebih dari 3000 unit DP 0 rupiah pada 2024," urainya.