Imbas BEM SI Demo BBM, Ruas Jalan Seputar Masjid Istiqlal dan Kawasan Monas Macet Total
Sepanjang ruas Jalan Medan Merdeka Timur, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat alami kemacetan/ Foto: Rizky Sulistio/ VOi

Bagikan:

JAKARTA - Sepanjang ruas Jalan Medan Merdeka Timur, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat alami kemacetan yang mengular panjang. Kemacetan tersebut disebabkan karena adanya penutupan jalan di Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Veteran III dan Jalan Medan Merdeka Utara pada Kamis, 8 September, siang.

Berdasarkan pantauan di lokasi, kemacetan terjadi di sekitar kawasan Monas, Masjid Istiqlal dan arah Istana Negara. Kendaraan roda empat mengalami ketersendatan yang cukup parah. Tidak terlihat adanya petugas kepolisian lalu lintas yang mengurai kemacetan di kawasan tersebut.

Selain itu, kawasan Patung Arjuna Wijaya atau Patung Kuda dipasangi kawat berduri untuk mencegah demonstran menuju Istana Presiden.

Akibat penutupan itu, pengendara dari Jalan MH Thamrin yang ingin menuju ke Istana Merdeka atau Harmoni dialihkan ke Jalan Medan Merdeka Selatan atau Jalan Budi Kemuliaan.

Banyaknya penutupan jalan tersebut merupakan imbas dari adanya aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI).

BEM SI berunjuk rasa untuk menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Massa BEM SI diperkirakan sekitar 1.000 mahasiswa yang berasal dari berbagai universitas.

"(Tuntutan) turunkan harga BBM, kami fokus ke harga BBM," kata Koordinator Media BEM SI Luthfi Yusrizal, Kamis, 8 September.