Tiga Sungai di Manado Dikeruk untuk Atasi Banjir
Kota Manado Sulawesi Utara/ILUSTRASI DOK VIA ANTARA

Bagikan:

MANADO - Balai Sungai Wilayah Sulawesi (BWSS) I melakukan pengerukan tiga sungai di Kota Manado, Sulawesi Utara, untuk mengatasi banjir yang kerap melanda wilayah sekitar aliran tiga sungai itu.

"Tiga sungai dimaksud yaitu Sungai Tondano, Sungai Tikala dan Sungai Sario," kata Kepala Satuan Kerja Operasi dan Pemeliharaan  Sumber Daya Air BWSS Sulawesi I, Iskandar Rahim dilansir ANTARA, Selasa, 6 September.

Secara kontrak, kata dia, pengerjaan pengerukan Sungai Tondano dan Sungai Tikala sudah selesai dilakukan, dan nanti dilanjutkan ke Sungai Sario.

"Baru selesai pengerukannya, masih akan dilanjutkan lagi ke Sungai Sario," ujarnya.

Pengerukan di dua Sungai yang sudah selesai dilakukan tersebut masing-masing menyerap anggaran sekitar Rp1,5 miliar, sementara untuk Sungai Sario diperkirakan sebesar Rp200 juta.

Sebelum dilakukan pengerukan di Sungai Sario, kata dia, BWSS I melakukan survei lapangan untuk melihat titik-titik yang akan menjadi prioritas pengerjaan.

"Kendalanya mungkin pada akses masuk ke lokasi karena kondisi pemukiman yang padat," ujarnya.

Dia berharap pekerjaan normalisasi sungai ini bisa dikerjasamakan dengan pemerintah kota sehingga penanganannya terintegrasi.

"Pekerjaan pengerukan sungai ini untuk mereduksi banjir yang sering terjadi di Kota Manado," katanya.