Kremlin Sebut Pertemuan Putin-Zelensky Mungkin Dilakukan, Asal Ada Landasan Kesepakatan
Juru bicara Kremlin Dimitry Peskov. (Wikimedia Commons/Kremlin.ru/Пресс-служба Президента России)

Bagikan:

JAKARTA - Pertemuan antara Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Vladimir Zelensky mungkin dilakukan, akan dimungkinkan asalkan para pihak mencapai kesepakatan untuk menyelesaikan situasi, tetapi ini "belum ada dalam agenda," juru bicara Kremlin Dmitry Peskov dalam sebuah wawancara dengan harian Izvestiya pada di sela-sela Forum Ekonomi Timur, Selasa.

"Mengenai pertemuan Putin-Zelensky, tidak ada yang berubah. Tidak ada yang membutuhkan pertemuan demi pertemuan. Agar pertemuan seperti itu terjadi, dan gagasan pertemuan semacam itu menjadi agenda, pekerjaan tertentu perlu dilakukan untuk membangun fondasi kesepakatan yang bisa ditegaskan di tingkat tertinggi. Tapi ini belum ada dalam agenda," terang Peskov, melansir TASS 6 September.

Berbicara tentang kesepakatan biji-bijian, dia ingat bahwa pemimpin Rusia sebelumnya telah memberikan penilaian yang sangat tinggi, terhadap upaya mediasi yang telah dilakukan Turki dalam situasi itu.

Termasuk upaya yang dilakukan secara pribadi oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, untuk membuka blokir masalah biji-bijian.

"Akhirnya semua kesepakatan tercapai. Mekanismenya berjalan," pungkas Peskov.