Bagikan:

KEPRI - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bintan mencatat setidaknya 14 unit rumah rusak akibat hujan lebat disertai angin puting beliung yang melanda Desa Toapaya Selatan, Kepulauan Riau (Kepri).

"Sebanyak 13 rumah mengalami rusak ringan dan 1 rumah mengalami rusak berat," kata Kepala BPBD Bintan Ramlah di Bintan, Kepri, dikutip dari Antara, Selasa 6 September.

Ramlah mengatakan sebagai upaya dalam penanganan tanggap darurat, pihaknya telah berkoordinasi dengan lintas instansi terkait guna monitoring dan kaji cepat.

BPBD Bintan bersama pemangku kepentingan setempat juga melaksanakan peninjauan lokasi bencana dan melakukan mitigasi bencana guna mengantisipasi curah hujan tinggi.

"Kami juga mendata rumah-rumah yang rusak, karena ada satu rumah milik saudara Dicky Zurkarnaen rusak berat. Lokasinya di Jalan Mangga Kampung Rawa Bangun, Desa Toapaya Selatan," ujar Ramlah.

Menurutnya, hujan lebat disertai angin kencang yang terjadi Senin 5 September sekitar pukul 12.00 WIB mengakibatkan angin puting beliung di Desa Toapaya Selatan.

BPBD Bintan mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan terhadap potensi bencana alam yang diakibatkan curah hujan tinggi belakangan ini.

"Saat ini kita masih fokus melaksanakan peninjauan lokasi bencana sambil mendata kerugian yang dialami para korban," kata Ramlah.