Jemaah Haji Indonesia Masih Dirawat di Arab Saudi Tinggal Satu Orang
Satu anggota jamaah haji yang sakit dipulangkan ke Tanah Air setelah menjalani perawatan di rumah sakit di Arab Saudi. (ANTARA/HO Kemenag)

Bagikan:

JAKARTA - Anggota jemaah haji Indonesia yang masih menjalani perawatan di rumah sakit di Arab Saudi tersisa satu orang. Seorang lagi sudah dipulangkan ke Tanah Air pada Minggu 4 September.

Kantor Urusan Haji Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Jeddah memulangkan anggota jemaah haji bernama Suherno dari Jeddah, menggunakan pesawat Saudia Airlines kemarin sekitar pukul 19.00 waktu setempat.

"Alhamdulillah, Suherno sudah mendapat izin dari otoritas kesehatan Arab Saudi untuk kembali ke Tanah Air. Jemaah kloter 19 embarkasi Pondok Gede ini mendarat di Indonesia hari ini," kata Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam dalam keterangan tertulisnya, Senin 5 September.

Nasrullah mengatakan Suherno diantar oleh dua petugas dari Kantor Urusan Haji KJRI Jeddah dan dijadwalkan tiba di Indonesia pada Senin pagi.

Setibanya di Tanah Air, berdasarkan laporan Antara, Suherno akan menjalani pemeriksaan kesehatan lanjutan di Rumah Sakit Haji Pondok Gede.

Setelah pemulangan Suherno ke Tanah Air, anggota jemaah haji Indonesia yang menjalani perawatan di Arab Saudi tinggal satu orang, yakni Abas Bahtiar dari kelompok terbang 3 Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS 03). Abas masih menjalani perawatan di Rumah Sakit An-Nur, Makkah.

Nasrullah mengatakan Abas bisa dipulangkan ke Indonesia setelah otoritas kesehatan setempat menerbitkan Medical Information Form (Medif).

"Saat ini masih dalam proses penerbitan Medical Information Form dari pihak berwenang di Arab Saudi. Jika Medif sudah terbit dan dinyatakan laik terbang, kami akan segera antar pulang ke Indonesia," katanya.

Pada akhir operasional penyelenggaraan pelayanan haji 1443 Hijriah tanggal 18 Agustus 2022 tercatat ada delapan anggota jemaah haji Indonesia yang masih dirawat di rumah sakit di Arab Saudi.

Dari delapan orang yang menjalani perawatan tersebut, lima orang sudah dipulangkan ke Indonesia, dua orang meninggal dunia dan dimakamkan di Arab Saudi, dan satu orang masih menjalani perawatan.