Bagikan:

JAKARTA - Lembaga survei KedaiKOPI merilis hasil survei bertajuk 'Opini Publik Pada Pemimpin Perempuan'. Hasil survei KedaiKOPI menunjukkan elektabilitas Ketua DPP PDIP Puan Maharani paling tinggi di antara calon pemimpin 2024 dari kalangan perempuan.

Direktur Eksekutif Lembaga Survei KedaiKOPI Kunto Adi Wibowo, mengatakan pihaknya menemukan 6 calon presiden perempuan yang disebutkan oleh pemilih dalam pertanyaan terbuka tentang elektabilitas. 

Dari hasil survei tersebut, kata Kunto, nampak elektabilitas calon presiden perempuan semakin menguat, terutama untuk Puan Maharani. 

Sementara nama-nama tokoh laki-laki juga terdeteksi dalam survei ini. Seperti Ganjar Pranowo dengan perolehan 26 persen, Prabowo Subianto 18 persen, Anies Baswedan 14,5 persen, dan Ridwan Kamil 7,7 persen.

"Ada nama Puan Maharani 9,6 persen, Megawati Soekarnoputri 0,7 persen, Susi Pudjiastuti 0,6 persen, Khofifah Indar Parawansa 0,6 persen, Tri Rismaharini 0,5 persen, dan Sri Mulyani 0,2 persen," ujar Kunto dalam diskusi Polemik MNC Trijaya, 3 September. 

Kemudian, KedaiKOPI juga mensimulasikan lebih lanjut dengan pertanyaan tertutup 19 tokoh. Nama-nama capres perempuan pun memiliki tren penguatan.

"Dengan Puan Maharani mendapatkan keterpilihan sebesar 11,3 persen, Susi Pudjiastuti 1,6 persen, Tri Rismaharini 1,4 persen, Khofifah Indar Parawansa 1,3 persen, dan Sri Mulyani Indrawati 0,6 persen," kata Kunto.

Survei KedaiKOPI diselenggarakan pada 3-18 Agustus 2022 di 34 provinsi di Indonesia. Sebanyak 1197 responden dipilih secara acak dengan menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error ±2,89 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Wawancara dilakukan secara tatap muka dengan menggunakan Computer Assisted Personal Interviewing (CAPI).