Bagikan:

PAPUA - Sebanyak 14 pucuk senjata api organik hingga rakitan termasuk 15 butir amunisi diserahkan masyarakat Papua ke Komandan Korem 173/Praja Vira Braja Brigjen TNI Taufan Gestoro.

Danrem 173/PVB Brigjen TNI Taufan Gestoro mengatakan, penyerahan senjata dan amunisi ini sebagai salah satu bukti nyata masyarakat Papua, khususnya yang berada di daerah pegunungan, ingin hidup aman dan damai.

Selain itu, lanjut Danrem, ini membuktikan keberadaan satuan tugas TNI dapat diterima dengan baik dan memberikan rasa aman di tengah masyarakat.

"Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang dengan kesadaran telah menyerahkan senjata dan amunisi secara sukarela. Hal ini menandakan bahwa masyarakat saat ini sudah lebih mengerti dan memahami keberadaan satuan tugas TNI di daerahnya," kata Danrem dalam keterangan tertulis, dikutip dari Antara, Kamis 1 September.

Penyerahannya dilakukan di Aula Yudha Korem 173, Kamis 1 September. Puluhan senjata itu diserahkan warga dari beberapa wilayah tanggung jawab Korem 173/PVB di antaranya, Kabupaten Puncak Jaya, Puncak, Deiyai dan Paniai, dan Intan Jaya.

Adapun jenis senjata api yang diserahkan langsung Kasiintel Korem 173/PVB Letkol Kav. Ali Siregar, yakni empat pucuk senpi laras panjang dan 10 pucuk senpi laras pendek serta 15 butir amunisi campuran. Senjata ini selanjutnya diserahkan kepada Denpal Biak sebagai pembina material.

Penyerahan senjata api beserta amunisi merupakan hasil pembinaan oleh Satgas TNI dan tim intel yang berada di wilayah jajaran Kolakops Korem 173/PVB.

"Saya mengajak kepada seluruh masyarakat Papua agar bersama-sama bahu-membahu membangun Papua yang damai untuk kemajuan Papua pada masa yang akan datang," ujar Gestoro.

Hadir dalam kegiatan tersebut, para kasi Kasrem 173/PVB, Dandim 1708/BN Letkol Inf. Daniel Manalu, Kapolres Biak AKBP Tri Adi, dan para kabalak aju Kodam XVII/Cenderawasih.