Kapolri Tegaskan Komitmen Pemerintah Sejahterakan Masyarakat Papua
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono foto bersama jajaran Forkopimda Papua Barat, Selasa (10/1/203). ANTARA/HO-Divisi Humas Polri

Bagikan:

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan komitmen pemerintah yang terus mendorong pembangunan dan program transformasi di Papua adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Tidak ada kata lain program yang digelontorkan untuk mendukung kesejahteraan, untuk mendukung pembangunan wilayah Papua,” kata Sigit dalam keterangan tertulis dikutip ANTARA, Selasa, 10 Januari.

Hal itu disampaikan Jenderal Sigit dalam pertemuan dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Papua Barat bersama Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

Kapolri meyakini program pembangunan yang dijalankan oleh pemerintah saat ini di Papua adalah untuk kemajuan masyarakat di provinsi paling timur Indonesia tersebut.

Kapolri mengajak masyarakat bahu-membahu mendukung kebijakan pemerintah untuk melanjutkan pembangunan di Papua menjadi lebih baik lagi.

"Salah satu bentuk kecintaan Pak Presiden pada saat beliau menuliskan impian Indonesia ke depan 2015-2085, beliau menulisnya di Merauke, di wilayah Papua. Jadi, tentunya seluruh program ini, kebijakan ini harus betul-betul dijaga dan dikawal," ujarnya.

Sigit menyampaikan tahun 2023 ini pemerintah telah menyiapkan kebijakan strategis, mulai dari pengembangan kawasan strategis, daerah wisata, pariwisata pengembangan di beberapa tempat seperti Raja Ampat, Biak, Teluk Cenderawasih, hingga rencana hilirisasi industri.

Semua program itu ini akan melahirkan lapangan pekerjaan bagi masyarakat Papua. Terlebih ada program peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), peningkatan kampung-kampung yang tertinggal hingga pembangunan infrastruktur penunjang lainnya.

"Dengan begitu, ke depan diharapkan upaya pemerintah untuk menggeser dari Jawa sentris menjadi Indonesia sentris betul-betul bisa terwujud," kata Sigit.

Kapolri pun mengingatkan masyarakat di Papua umumnya, di Papua Barat khususnya, agar tidak mudah terprovokasi dengan suara-suara yang menginginkan lepas dari NKRI.

"Saya kira tolong saudara semua kasih tahu, bahwa marilah kita bergabung sama-sama membangun yang sudah ada ini untuk bisa menjadi lebih baik. Tidak perlu berpikir ke sana yang tentunya mungkin karena pengaruh atau provokasi, yang kemudian tidak ada kepastian,” katanya.

Kapolri memastikan TNI dan Polri berkomitmen dari tingkat atas hingga bawah siap untuk menjaga, mengawal, dan mengamankan seluruh kebijakan pembangunan demo kesejahteraan masyarakat Papua.

"Kami lihat langkah jelas yang pasti, program yang jelas dan pasti apabila kita laksanakan dengan baik maka Papua akan lebih sejahtera," ujarnya.

Kapolri dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono melakukan kunjungan kerja di Papua sejak Minggu (8/1) dengan meresmikan gedung baru Markas Polda Papua. Hingga hari ini keduanya melanjutkan kunjungan kerja ke Papua Barat.