Soal Sandiaga Uno Siap Jadi Capres, PPP: Monggo Saja Dekati Arus Bawah, Tapi Internal DPP Masih Ingin Suharso
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani merespons kesiapan Menparekraf Sandiaga Uno apabila didukung menjadi calon presiden (capres) 2024. Sandi menyatakan kesiapannya usai bertemu dengan jajaran pengurus PPP Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Menurut Arsul, PPP belum menentukan tokoh capres yang akan diusung pada Pilpres 2024 mendatang. Dia menegaskan, soal sosok capres dan cawapres akan dibahas di Mukernas sebelum diusulkan ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

"PPP baru akan menentukan capres dan cawapres yang akan diusulkan kepada koalisi partai saat ini. Setelah Mukernas PPP nantinya," ujar Arsul kepada wartawan, Kamis, 1 September.

Arsul mengakui bahwa sejumlah dewan pimpinan wilayah (DPW) PPP mulai mengusulkan Sandiaga Uno kepada DPP. Namun, kata dia, untuk sementara internal DPP masih menginginkan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa untuk maju sebagai capres dari partainya.

"Saya tahu bahwa sejumlah DPW memang juga menyuarakan Sandiaga Uno sebagai sosok potensial untuk menjadi capres atau cawapres dari PPP. Sementara dari internal ada Pak Suharso Monoarfa," ungkap Arsul.

Namun demikian, Wakil Ketua MPR dari Fraksi PPP itu mengatakan, partainya saat ini memang memberikan kesempatan bagi sejumlah tokoh potensial untuk mengambil hati partai dan masyarakat, termasuk Sandiaga Uno.

"Saat ini PPP memberi kesempatan kepada sejumlah sosok potensial untuk mendekati arus bawah dan struktural PPP agar dikenal dan mendapat tempat di hati mereka. Ini karena memang PPP akan melakukan proses 'bottom-up' untuk mengusulkan paslonnya," jelasnya.



Sandiaga Uno, lanjutnya, memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mendekati PPP. PPP, kata Arsul, terbuka saja apabila Sandi siap maju sebagai capres dan meminta dukungan.

"Mas Sandi Uno memanfaatkan kesempatan ini untuk dengan aktif turun ke jajaran struktural dan arus bawah PPP. Kami sih welcome saja sebagaimana jika ada sosok lain yang juga mau mendekati struktural dan arus bawah PPP, maka ya monggo saja," kata Arsul.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyatakan kesiapannya apabila diusung untuk maju di Pilpres 2024.

"Siap (maju Pilpres 2024)," kata Sandi usai menghadiri acara silaturahmi bersama DPW PPP DI Yogyakarta, Selasa, 30 Agustus, malam.