Mikhail Gorbachev Dimakamkan Sabtu: Tempat Persemayamannya Sama Seperti Stalin, Satu Pemakaman dengan Khrushchev dan Yeltsin
Mikhail Gorbachev. (Wikimedia Commons/SpreeTom)

Bagikan:

JAKARTA - Upacara pemakaman pemimpin terakhir Uni Soviet Mikhail Gorbachev, akan berlangsung pada Sabtu, kantor berita Rusia melaporkan, mengutip putri Gorbachev dan juru bicara yayasannya.

Gorbachev wafat pada Hari Selasa di rumah sakit Moskow dalam usia 91 tahun. Jenazah Gorbachev akan disemayamkan di Hall of Columns yang terkenal di dalam House of Unions Moskow, tempat yang sama di mana tubuh Josef Stalin disemayamkan setelah kematiannya pada tahun 1953, melansir Reuters 1 September.

Itu akan dibuka untuk umum dan Gorbachev kemudian akan dimakamkan di Pemakaman Novodevichy Moskow, kantor berita TASS mengutip Vladimir Polyakov, sekretaris pers untuk Yayasan Gorbachev, mengatakan.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan, Kremlin akan segera memutuskan apakah Gorbachev akan diberi pemakaman kenegaraan. Sementara, kantor berita RIA mengutip Pavel Palazchenko, kepala hubungan media di Yayasan Gorbachev, mengatakan upacara di Hall of Columns akan diselenggarakan oleh layanan protokol Pemerintahan Presiden Vladimir Putin.

"Belum ada informasi apakah ini dianggap pemakaman kenegaraan atau tidak," ujarnya kepada RIA.

Banyak politisi, intelektual, penyair, dan bangsawan tingkat tinggi telah dimakamkan di pemakaman Novodevichy sejak pemakaman tersebut didirikan pada abad ke-16.

Di antaranya Boris Yeltsin, presiden pertama Rusia dan saingan politik Gorbachev. Ini juga merupakan tempat peristirahatan terakhir istri Gorbachev, Raisa, yang meninggal pada tahun 1999. Satu-satunya pemimpin Soviet selain Gorbachev yang dimakamkan di sana adalah Nikita Khrushchev. Sebagian besar pemimpin Soviet dimakamkan di dekat tembok Kremlin, di Lapangan Merah.

Untuk diketahui, ketika Yeltsin meninggal pada 2007, ia dimakamkan dengan penghormatan penuh kenegaraan. Presiden Vladimir Putin, penggantinya, mengumumkan hari berkabung nasional. TASS melaporkan, Peskov mengatakan Kremlin akan mengumumkan nanti apakah Putin akan menghadiri pemakaman.