Puji Mendiang Mikhail Gorbachev, Paus Fransiskus: Negarawan Terhormat, Berpandangan Jauh ke Depan
Paus Fransiskus. (Wikimedia Commons/Paris Orlando)

Bagikan:

JAKARTA - Paus Fransiskus memuji mendiang pemimpin Uni Soviet Mikhail Gorbachev sebagai negarawan berpandangan jauh ke depan, berkomitmen untuk meningkatkan hubungan antar bangsa.

Paus Fransiskus mengirim pesan kepada Irina, putri Gorbachev, mengatakan bahwa dia "dekat secara spiritual pada saat kesakitannya".

Paus Fransiskus menyebut sang ayah yang wafat dalam usia 91 tahun itu, sebagai negarawan terhormat, melansir Reuters 1 September.

Dalam pesan yang dirilis oleh Vatikan, Paus Fransiskus mengatakan dia berterima kasih atas "komitmen pandangan jauh Gorbachev, untuk kerukunan dan persaudaraan di antara orang-orang, serta untuk kemajuan negaranya sendiri pada saat perubahan penting."

Gorbachev, yang meninggal pada Hari Selasa, melakukan perjalanan ke Vatikan pada Bulan Desember 1989, untuk mengadakan pertemuan bersejarah dengan Paus Yohanes Paulus II.

Pertemuan itu, yang pertama antara seorang Paus dan seorang pemimpin Uni Soviet, terjadi di akhir tahun yang penuh gejolak, di mana runtuhnya Tembok Berlin dan negara-negara Eropa Timur, termasuk Polandia, asal Paus Yohanes Paulus II, mulai melepaskan diri dari cengkeraman Moskow.

Hampir semua bekas Republik Soviet, termasuk Rusia, kini memiliki hubungan diplomatik dengan Vatikan, seperti halnya negara-negara Eropa Timur yang pernah menjadi bagian dari Pakta Warsawa.

Diberitakan sebelumnya, dipuji di Barat sebagai orang yang membantu meruntuhkan Tembok Berlin dan mengakhiri Perang Dingin tanpa pertumpahan darah, Mikhail Gorbachev secara luas 'dikritik' di dalam negeri sebagai 'penggali kubur' Uni Soviet.

Gorbachev berniat untuk merevitalisasi sistem Komunis sklerotik melalui reformasi demokrasi dan ekonomi, tidak pernah berniat untuk menghapusnya.

Rencananya, pemakaman Gorbachev digelar Sabtu pekan ini. Ia akan disemayamkan di Hall of Columns yang terkenal di dalam House of Unions Moskow, tempat yang sama di mana tubuh Josef Stalin disemayamkan.

Gorbachev kemudian akan dimakamkan di Pemakaman Novodevichy Moskow, kantor berita TASS mengutip Vladimir Polyakov, sekretaris pers untuk Yayasan Gorbachev, mengatakan.

Banyak politisi, intelektual, penyair, dan bangsawan tingkat tinggi telah dimakamkan di pemakaman Novodevichy sejak pemakaman tersebut didirikan pada abad ke-16.

Di antaranya Boris Yeltsin, presiden pertama Rusia dan saingan politik Gorbachev. Ini juga merupakan tempat peristirahatan terakhir istri Gorbachev, Raisa, yang meninggal pada tahun 1999. Satu-satunya pemimpin Soviet selain Gorbachev yang dimakamkan di sana adalah Nikita Khrushchev. Sebagian besar pemimpin Soviet dimakamkan di dekat tembok Kremlin, di Lapangan Merah.