Kian Mesra, Rusia-Iran Bangun Mekanisme Kerja Sama yang Bebas dari Kebijakan Barat
Menlu Rusia Sergei Lavrov. (Wikimedia Commons/Kremlin.ru)

Bagikan:

JAKARTA - Moskow dan Teheran berfokus pada penciptaan mekanisme yang dapat diandalkan, memungkinkan untuk mengembangkan kerja sama terlepas dari kebijakan diktat Barat.

Itu dikatakan oleh Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov dalam pembukaan negosiasi dengan rekannya Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir Abdollahian di Moskow pada Hari Rabu.

"Rekan-rekan Barat kami dalam upaya mereka untuk mencapai dominasi penuh di dunia, telah dengan sengaja dan sistematis menghancurkan seluruh struktur hubungan internasional," ujarnya seperti melansir TASS 31 Agustus.

"Dengan latar belakang ini, kami berkonsentrasi, bersama dengan teman-teman kami, termasuk, tentu saja, Republik Islam Iran dalam menciptakan mekanisme yang andal dan konstruktif. Memungkinkan berkembangnya kerja sama yang saling menguntungkan, terlepas dari diktat apa pun," sambungnya.

Lebih lanjut Menlu Lavrov menerangkan, bahwa kepemimpinan kedua negara telah mengidentifikasi pedoman yang jelas.

"Hari ini tentunya kita akan melihat semua bidang hubungan ekonomi, kemanusiaan, budaya antara negara kita dan membahas tugas-tugas di bidang politik luar negeri yang telah ditetapkan oleh para pemimpin kita," pungkas diplomat senior tersebut.