UNESCO Dukung Pencalonan Odessa ke Dalam Daftar Warisan Dunia oleh Ukraina
Mercusuar Vorontsov yang didirikan tahun 1888 menjadi salah satu ikon Pelabuhan Odessa yang ada di belakangnya. (Wikimedia Commons/Nata Naval)

Bagikan:

JAKARTA - Badan kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa UNESCO mengatakan pada Hari Selasa, pihaknya mendukung upaya Ukraina untuk menempatkan kota pelabuhannya Odessa dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO.

Menyusul pertemuan Menteri Kebudayaan Ukraina Oleksandr Tkachenko dengan Direktur Jenderal UNESCO Audrey Azoulay di kantor pusat badan tersebut di Paris.

UNESCO mengatakan telah memobilisasi para ahli untuk mendukung Ukraina, sehingga pencalonan tersebut dapat segera diperiksa oleh negara-negara anggota Komite Warisan Dunia, dilansir dari Reuters 31 Agustus.

Selain itu, UNESCO mengatakan juga ingin menambahkan Odessa ke dalam Daftar Warisan Dunia dalam Bahaya, serta situs Warisan Dunia Kyiv dan Lviv, yang juga terancam.

Diketahui, Pelabuhan Laut Hitam Odessa hanya beberapa puluh kilometer dari garis depan perang Rusia-Ukraina akibat invasi pada Februari lalu, dan telah terkena tembakan artileri, kata UNESCO.

Bulan lalu, sebagian dari atap kaca besar dan jendela Museum Seni Rupa Odessa, yang diresmikan pada tahun 1899, terkena dampak peperangan Rusia dengan Ukraina.

UNESCO akan mendanai perbaikan museum serta Museum Seni Modern Odessa sejak awal perang, membiayai perekrutan staf tambahan yang didedikasikan untuk perlindungan koleksi.

Selain itu, UNESCO juga akan membantu digitalisasi karya seni dan akan menyediakan peralatan pelindung.