Situs Masa Perang Didaftarkan Sebagai Warisan Budaya UNESCO, Korea Selatan dan Jepang Saling Protes
Ilustrasi kawasan tambang emas Sado di Sado Island. (Wikimedia Commons/Indiana jo)

Bagikan:

JAKARTA - Korea Selatan dan Jepang saling mengajukan protes, terkait dengan pendaftaran situs masa perang sebagai Warisan Dunia versi Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO), menguji hubungan diplomatik kedua negara.

Awal Februari, Pemerintah Jepang menyerahkan surat rekomendasi untuk tambang emas di Pulau Sado sebagai Warisan Dunia kepada UNESCO, menyusul persetujuan Perdana Menteri Fumio Kishida pekan lalu meskipun ada protes keras dari Korea.

Tambang Sado adalah salah satu produsen emas terbesar di dunia pada abad ke-17, tetapi diubah menjadi fasilitas untuk memproduksi bahan yang berhubungan dengan perang selama Perang Dunia II. Tambang itu ditutup pada tahun 1989 silam. Menurut dokumen sejarah, sebanyak 2.000 orang Korea dipaksa bekerja di tambang.

Jika semuanya berjalan sesuai jadwal, UNESCO akan mengirim badan penasihatnya untuk memeriksa lokasi tambang musim gugur ini dan memutuskan sekitar Mei tahun depan, apakah akan menambahkannya ke dalam daftar. Komite Warisan Dunia kemudian akan menyaring pendapatnya pada musim panas itu.

tambang sado
Ilustrasi kawasan tambang emas Sado di Sado Island. (Wikimedia Commons/伊藤善行)

Untuk itu, Jepang berencana membentuk gugus tugas untuk menenangkan protes dari Korea Selatan dan negara-negara lain. Menanggapi upaya Jepang, pemerintah Korea Selatan telah menyatakan penyesalan yang kuat, sementara juga membentuk satuan tugas.

Pada Hari Kamis, Menteri Luar Negeri Chung Eui-yong berbicara di telepon dengan Menteri Luar Negeri Jepang Jepang Yoshimasa Hayashi, untuk memprotes pencalonan di UNESCO, sementara Cheong Wa Dae (istana kepresidenan Korea Selatan) mengatakan akan menanggapi langkah Jepang secara sistematis dan multi-arah.

Pengamat diplomatik mengatakan, Korea Selatan perlu mengingat kembali strateginya yang digunakan pada tahun 2015, ketika Jepang berusaha untuk menetapkan 23 situs Revolusi Industri Meiji sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Mereka termasuk Pulau Hashima, yang dikenal sebagai "Pulau Kapal Perang" di Korea Selatan, di mana diyakini antara 500 dan 800 orang Korea dipaksa bekerja antara tahun 1943 dan 1945, sementara 122 di antaranya meninggal.

Meskipun Jepang mendapat anggukan UNESCO, Pemerintah Korea Selatan memusatkan upayanya pada badan PBB yang mendesak Jepang untuk mengakui penggunaan kerja paksa pada masa perang.

tambang emas sado
Ilustrasi kawasan tambang emas Sado di Sado Island. (Wikimedia Commons/Indiana jo)

UNESCO memerintahkan Tokyo untuk menyiapkan strategi interpretatif yang memungkinkan pemahaman tentang sejarah lengkap setiap situs sebelum 1 Desember 2022, meskipun Pemerintah Jepang belum menerapkan rekomendasi untuk mengakui penggunaan kerja paksa.

"Meskipun mungkin terlihat tidak masuk akal bagi Pemerintah Korea Selatan untuk berusaha sekuat tenaga mencegah Jepang mencari daftar Warisan Dunia UNESCO, itu terutama karena kegagalan Jepang untuk menyebutkan bahwa orang Korea bekerja keras di Pulau Hashima, meningkatkan kekhawatiran bahwa negara itu mungkin jangan menyebutkan penggunaan pekerja paksa di masa perang," kata Lee Won-deog, seorang profesor studi Jepang di Universitas Kookmin, mengutip Korea Times 3 Februari.

"Pemerintah Korea Selatan diharuskan mengarahkan pandangannya untuk membuat pemerintah Jepang merujuk pada penggunaan pekerja Korea di masa perang di tambang Sado, yang merupakan tujuan utamanya, daripada menghentikan Jepang untuk menambahkan situs tersebut ke daftar UNESCO."

Namun, kemungkinan kerugiannya adalah fakta bahwa Korea Selatan bukan bagian dari Komite Warisan Dunia yang beranggotakan 21 orang, termasuk Jepang. Selain itu, Jepang memiliki suara yang lebih besar dalam organisasi, karena memikul bagian terbesar kedua dari anggaran reguler UNESCO setelah China.

tambang emas sado
Ilustrasi kawasan tambang emas Sado di Sado Island. (Wikimedia Commons/Aney)

Jepang juga menghadapi beban dalam mendorong maju dengan rencana pencalonan, sementara merugikan kerjasama trilateral dengan Korea Selatan dan Amerika Serikat terhadap meningkatnya ancaman nuklir Korea Utara dan tantangan regional lainnya.

Menurut Nikkei Jepang, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan Menteri Luar Negeri Jepang mengadakan percakapan telepon, Rabu, dan membahas hubungan Korea Selatan-Jepang antara lain, tetapi menambahkan bahwa masalah tambang Sado tidak ada dalam agenda.

"Karena masalah UNESCO lebih lanjut dapat membuat frustrasi pemerintah AS, yang mencari kerja sama keamanan tiga arah dalam masalah nuklir Korea Utara, itu mungkin membuat Kabinet Kishida gelisah," terang Lee.

Untuk diketahui, Sejak pelantikannya pada Januari 2021, pemerintahan Joe Biden telah mengupayakan kerja sama pertahanan trilateral, tetapi tidak berhasil karena hubungan yang berantakan antara dua sekutu utamanya.

Hubungan Korea Selatan-Jepang berada pada level terendah dalam beberapa tahun karena masalah sejarah dan teritorial.