Anies Beberkan Tiga Isu yang Bakal Dibawa Forum U20 Mayors Summit ke G20
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Diah Ayu/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan bahwa forum Urban 20 (U20) Mayors Summit menghasilkan tiga isu yang nantinya menjadi rekomendasi pada G20 Leaders Summit. Tiga isu ini merupakan hasil diskusi dan tukar pikiran para delegasi U20 dari sejumlah kota di dunia.

Isu pertama adalah pentingnya investasi lebih besar pada bidang kesehatan dan perumahan untuk bisa mempercepat pemulihan ekonomi pascapandemi COVID-19.

Hal ini ia sampaikan dalam acara U20 Mayors Summit yang dihadiri oleh para delegasi kota yang mewakili anggota G20 dari sejumlah negara di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat.

"Kita dalam diskusi tadi menyampaikan pentingnya memanfaatkan recovery ini untuk bisa melakukan kebijakan-kebijakan pembangunan yang lebih berkeadilan, yang lebih beri kesempatan, yang setara bagi semua," kata Anies, Selasa, 30 Agustus.

Isu kedua, delegasi sepakat untuk mengadopsi pendekatan berkelanjutan, khususnya di dalam transisi pemanfaatan energi dan pemanfaatan mobilitas penduduk pada kawasan urban.

Lalu, isu ketiga adalah pentingnya memberikan pendidikan dan pelatihan untuk pekerjaan di masa depan. "Karena kita alami transformasi dan banyak kerjaan-kerjaan baru, banyak kebutuhan-kebutuhan baru, skill di masa yang akan datang," ucap Anies.

Selain itu, konferensi ini juga membahas soal kenaikan harga bahan energi, minyak, bahan pangan yang dirasakan sejumlah negara.

"Masalah tadi disampaikan karena penting bagi kita semua untyk mulai antisipasi dan disampaikan ke level (Presidensi) G20," ujarnya.

Sebagai informasi, forum U20 Mayors Summit merupakan ruang bagi para pemimpin kota U20 untuk berkumpul, memperkuat kolaborasi dan menyampaikan rekomendasi kepada pemerintah Indonesia pada G20 Leaders Summit yang akan berlangsung di Bali pada tanggal 15-16 November 2022 mendatang.

U20 tahun ini, dengan Jakarta dan Jawa Barat sebagai tuan rumah, akan berfokus pada isu dan tantangan yang dihadapi oleh kota-kota akibat pandemi COVID-19. Sehingga tema yang diangkat adalah “Kota Pascapandemi”.

Dalam U20 kelima ini, kepala daerah dan gubernur anggota G20 untuk bekerja sama dalam tiga bidang utama, yakni investasi kesehatan dan perumahan rakyat sebagai landasan pemulihan ekonomi sosial untuk semua.

Kedua, mendorong transisi energi berkelanjutan dan akses yang adil untuk mobilitas berkelanjutan. Ketiga, memberikan edukasi dan pelatihan tentang masa depan pekerja demi akses pasar kerja yang merata untuk semua.