Terima Hasil KTT U20 dari Anies, Menko Airlangga: Jadi Perhatian Utama
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyerahkan hasil konferensi Urban 20 (U20) Mayors Summit kepada Presiden Joko Widodo lewat Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto./FOTO: Diah Ayu-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyerahkan hasil konferensi Urban 20 (U20) Mayors Summit kepada Presiden Joko Widodo lewat Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Selaku Sherpa G20, Airlangga mengucapkan terima kasih kepada Anies selaku Chair U20 dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil selaku Co-Chair U20 yang telah memberikan hasil communique U20.

"Atas nama Bapak Presiden, saya selaku Sherpa menerima communique yang disampaikan oleh Pak Gubernur Anies dan juga oleh Pak Ridwan Kamil, dan berterima kasih atas dihasilkannya communique," kata Airlangga di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu, 31 Agustus.

Forum U20 Mayors Summit yang digelar di Jakarta kemarin menghasilkan tiga isu yang nantinya menjadi rekomendasi pada G20 Leaders Summit bulan November mendatang. Tiga isu ini merupakan hasil diskusi dan tukar pikiran para delegasi U20 dari sejumlah kota di dunia.

"Communique ini menghasilkan tiga hal yang menjadi perhatian utama dan tentu ini pemerintah selaku Sherpa akan memasukkan ini sebagian daripada apa yang nanti kita akan persiapan untuk summit meeting di bulan November nanti," ucap Airlangga.

Sementara itu, Anies menjelaskan tiga communique yang dihasilkan dalam forum para wali kota yang tergabung dalam delegasi U20. Isu pertama adalah pentingnya investasi lebih besar pada bidang kesehatan dan perumahan untuk bisa mempercepat pemulihan ekonomi pascapandemi COVID-19.

Isu kedua, delegasi sepakat untuk mengadopsi pendekatan berkelanjutan, khususnya di dalam transisi pemanfaatan energi dan pemanfaatan mobilitas penduduk pada kawasan urban. Lalu, isu ketiga adalah pentingnya memberikan pendidikan dan pelatihan untuk pekerjaan di masa depan.

"Communique ini didukung oleh 44 wali kota. Ini adalah jumlah terbanyak dalam sejarah communique U20. Kita belum pernah menyaksikan ada sebuah communicate yang didukung oleh sebanyak itu," ucap Anies.