Kodam Jaya Ungkap Wanita Berbaju Kotak-kotak di Panser saat Tertibkan Baliho Rizieq
Pasukan gabungan TNI, Polri dan Satpol PP menyisir baliho tak berizin di Jakarta, Jumat 20 November (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Komando Daerah Militer (Kodam) Jaya/Jayakarta menyatakan wanita berbaju motif kotak-kotak di kendaraan tempur (ranpur) panser Anoa TNI saat penertiban baliho tak berizin di Petamburan, Jumat, 20 November, adalah jurnalis.

Penjelasan ini disampaikan terkait viral video soal perempuan di panser Anoa TNI. Ada juga yang mengaitkan dengan pendukung tokoh yang identik dengan baju kotak-kotak.

"Wanita yang berada di atas kendaraan tempur ranpur Anoa TNI tersebut adalah seorang jurnalis tulis dari media siber nasional. Jadi tidak perlu membawa alat kamera foto maupun kamera video dalam membuat suatu pemberitaan," kata Kapendam Jaya Letnan Kolonel Arh Herwin Budi Saputra dalam keterangannya dikutip Antara, Minggu, 22 November.

Kodam Jaya menilai perlu segera meluruskan pemberitaan dan informasi yang berkembang liar tersebut agar tidak menimbulkan kecurigaan dan kegaduhan terkait ada seorang yang disebut "wanita berbaju kotak-kotak" itu di atas ranpur TNI saat pelaksanaan penertiban baliho tak berizin.

Herwin Budi menjelaskan jurnalis tersebut tidak sendirian ketika melakukan peliputan kegiatan penertiban baliho  di seluruh jalan protokol yang ada di Jakarta. Namun ada enam jurnalis lainnya yang ikut meliput dan dibagi ke dalam dua panser.

"Sebenarnya bukan sendirian, ada tujuh awak media yang ikut meliput saat kegiatan penertiban baliho HRS di seluruh jalan protokol," kata dia.

Klarifikasi ini menjawab tentang video yang viral di media sosial (medsos) saat puluhan personel TNI menggunakan motor trail dikawal ranpur TNI sedang menuju Petamburan. Ada penumpang warga sipil yang turut naik panser.

Penumpang perempuan tersebut memakai baju kotak-kotak menjadi bahan pembicaraan warganet (netizen).

"Banyak yang curiga dan mempertanyakan mengapa warga sipil bisa naik panser yang ingin menurunkan spanduk dan baliho HRS, di sini saya nyatakan wanita tersebut adalah seorang jurnalis," katanya menegaskan.