Debat Pilkada Medan: Bobby-Aulia Ungkap Stunting di Medan Sangat Memalukan, Sindir Pemkot Tak Profesional
Pasangan calon nomor urut 2 Bobby Nasution-Aulia Rachman (Foto via Instagram bobbynst)

Bagikan:

MEDAN - Pasangan calon nomor urut 2 Bobby Nasution-Aulia Rachman menyindir kasus stunting atau kondisi gagal pertumbuhan anak akibat kekurangan gizi di Kota Medan. Bagi Aulia Rachman yang pernah menjadi anggota DPRD Medan, kasus stunting memalukan. 

“Stunting ini sangat memalukan bagi diri saya. Saya mantan ketua komisi II bidang kesehatan, tapi di daerah saya ada beberapa kasus stunting dan paling tinggi di kecamatan Medan Deli, sangat memalukan,” kata calon wakil wali kota Medan Aulia Rachman dalam debat Pilkada Medan yang disiarkan Youtube KPU Medan, Sabtu, 21 November.

Aulia yang juga kader Gerindra ini tak mau lagi kejadian serupa terulang. Apalagi data menyebutkan ada 491 kasus stunting di Kota Medan.

“Ke depan kita tidak mau lagi sepeti ini, anggaran untuk stunting jelas tapi pengguna anggaran tidak baik karena akibat profesionalisme dan sistem tatanan birokasi daerah tidak baik. Kami ingin memantau anggaran dan memanfaatkan (untuk)  ibu menyusui ke depan agar kita beri bantuan,” kata Aulia. 

Sementara Bobby Nasution berbicara soal pola pencegahan stunting yang dimulai sejak dini yakni saat ibu mengandung. Selain itu ke depan bila terpilih di Pilkada Medan, Bobby Nasution akan mengaktifkan kader posyandu yang diberikan insentif lebih.

Di sesi terpisah, Akhyar Nasution, calon wali kota Medan nomor urut 1 berbicara pelayanan publik di Kota Medan yang semakin baik. Berdasarkan survei kepuasan masyarakat, pelayanan publik Kota Medan disebut masuk kategori baik. Akhyar pernah menjabat wakil wali kota Medan dan Plt wali kota Medan. Saat ini Akhyar Nasution cuti dalam Pilkada Medan.

"Pelayanan publik di kota Medan sangat baik, pelayanan administrasi kependudukan saat ini sudah diantar ke rumah penduduk. Tidak ada lagi namanya kutipan-kutipan, pelayan publik sangat baik, puskesmas kita sangat aktif, posyandu kita aktif melayani masyarakat ini akan kita tingkatkan lagi dengan mempersiapkan RS tipe C di Labuhan,” tegas Akhyar dalam debat Pilkada Medan.