Data Satgas: 77 Orang Positif COVID-19 dari Kerumunan Pendukung Rizieq Shihab
Acara pernikahan putri Rizieq Shihab sekaligus Maulid Nabi Muhammad SAW (tangkapan layar YouTube channel Front TV)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo menyebut ada 77 orang yang terpapar COVID-19 setelah mengikuti kerumunan pada acara yang digelar atau dihadiri pimpinan FPI, Muhammad Rizieq Shihab.

Rinciannya, ada 15 orang peserta kerumunan acara Maulid Nabi di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat yang menjalani tes swab COVID-19.

"Dari 15 orang di-swab, ada 7 orang positif COVID-19, termasuk Lurah Petamburan," kata Doni dalam keterangan tertulis yang diterima VOI, Jumat, 20 November.

Kemudian, ada 559 orang yang mengikuti kerumunan di wilayah Mega Mendung, Bogor, Jawa Barat, yang di-swab antigen COVID-19. Hasilnya, ada 20 orang positif COVID-19.

"Laporan lain, terdapat 50 orang positif Covid 19 yang mayoritas berdomisili sekitar Tebet," ungkap Doni.

Karena itu, Doni meminta Pemprov DKI, Jawa Barat, dan Banten, serta para ketua RT-RW untuk mengingatkan masyarakat yang ikut dalam kerumunan pengikut Rizieq Shihab segera melakukan pemeriksaan COVID-19.

Doni menyebut masyarakat tak perlu khawatir karena pemeriksaan di Puskesmas tanpa dipungut biaya. Pemeriksaan ini, menurut dia, sangat penting agar diketahui lebih dini. 

"Silakan dengan kesadaran dan keikhlasan memeriksa diri ke Puskesmas, demi memutus mata rantai penularan untuk keselamatan bersama. Jika ada yang positif bisa segera isolasi dan tempat isolasi disiapkan pemerintah," jelas Doni.