Akses Jalan Utama ke Ambon Terputus Akibat Longsor di Leihitu Barat
Longsoran tanah dan pepohonan di Negeri Wakashiu, Kecamatan Leihitu Barat (Pulau Ambon) Kabupaten Maluku Tengah mengakibatkan akses jalan menuju Kota Ambon terputus. (24/8) (ANTARA/HO/Polresta)

Bagikan:

AMBON - Akses jalan utama menuju Kota Ambon terputus akibat bencana tanah longsor di Negeri Wakasihu, Kecamatan Leihitu Barat (Pulau Ambon), Kabupaten Maluku Tengah.

"Bencana alam ini terjadi sekitar pukul 11:30 WIT sehingga kendaraan bermotor untuk sementara tidak bisa melintas, dan tidak ada korban jiwa maupun material dalam musibah ini," kata Kasi Humas Polresta Pulau Ambon dan PP Lease, Ipda Moyo Utomo di Ambon dilansir ANTARA, Rabu, 24 Agustus.

Akibat hujan yang terus mengguyur Pulau Ambon dengan intensitas sedang hingga lebat sejak dua hari lalu, kondisi tanah yang miring serta pepohonan di lokasi kejadian runtuh menutupi ruas jalan utama.

Musibah ini juga menyebabkan jaringan listrik terputus dan tiang listriknya roboh hingga menghalangi jalan tersebut.

Menurut dia, Kapolsek Leihitu Barat bersama anggota yang turun ke lokasi kejadian langsung berkoordinasi dengan pihak Bina Marga Dinas PUPR Maluku untuk melakukan penanganan darurat.

"Dari hasil koordinasi tersebut, pihak Bina Marga meminta waktu untuk menghubungi kontraktor yang memiliki alat berat seperti exavator guna pembersihan material dan melakukan penimbunan," jelas Moyo Utomo.

Sementara itu, Kepala Seksi Bina Marga, Amy Pellu menjelaskan, material longsorannya sangat banyak sehingga dibutuhkan bantuan alat berat untuk pembersihan sehingga akses jalannya bisa dibuka kembali.