Bagikan:

JAKARTA - Tim penyelidik Subdit Keamanan Negara (Kamneg) Polda Metro Jaya masih mengumpulkan bukti terkait dugaan pelanggaran protokol kesehatan di acara pernikahan putri Rizieq Shihab. Bukti-bukti itu nantinya akan menjadi bahan pembahasan dalam gelar perkara.

"Anggota masih terus mengumpulkan bukti-bukti lain. Termasuk alat bukti digital, CCTV yang dikumpulkan termasuk memeriksa rekaman CCTV yang ada di sekitar daerah tersebut," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan, Kamis, 19 November.

Dalam gelar perkara itu, bukti yang dikumpulkan penyelidik akan menetukan ada tidaknya pelanggaran pidana. Jika ditemukan maka status perkara akan ditingkatkan ke penyidikan.

Jika memang diputuskan dinaikan ke penyidikan maka proses selanjutnya penyidik akan mencari tersangka dalam perkara tersebut.

"Kalau semua sudah lengkap, semua nanti juga akan lakukan gelar perkara awal apakah bisa memang memenuhi untuk naik ke penyidikan," kata dia.

Pada kesempatan sebelumnya, Yusri sempat mengatakan jika penyelidik menargetkan proses penyelidikan perkara dugaan pelanggaran protokol kesehatan dalam pernikahan putri Rizieq Shihab berjalan selama tiga hari ke depan. Perkara itu nantinya akan diputuskan apakah ditingkatkan ke penyidikan atau tidak.

"Mudah-mudahan secepatnya. Ini kan kita targetkan 2 sampai 3 hari masa penyelidikan," ujar Yusri Yunus kepada wartawan, Selasa, 17 November.

Tapi peningkatan status perkara ke penyidikan harus berdasarkan hasil gelar perkara. Hasil pemeriksaan saksi akan dibahas dalam gelar perkara tersebut.

Karena itu, polisi dalam dua hari ini bakal mengebut pemeriksaan saksi-saksi. Setidaknya ada tiga elemen saksi yang bakal diperiksa.

"Kalau sudah lengkap semua nanti kita lakukan gelar perkara apa sudah masuk unsur-unsurnya ke penyidikan," kata dia.

Adapun pada sebelumnya beberapa orang dari berbagai unsur telah dimintai keterangan dalam proses penyelidikan. Salah satu di antaranya yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Kepada wartawan, Anies yang diperiksa 7 jam mengaku dicecar 33 pertanyaan.