Ridwan Kamil Pastikan Tidak Ada Lagi Desa Tertinggal di Jabar
Gubernur Jabar Ridwan Kamil fasyen show di kawasan nongkrong remaja SCBD di Dukuh Atas, Jakarta, Rabu 20 Juli. (ANTARAHO-Humas Pemda Jabar)

Bagikan:

JABAR - Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil memastikan tidak ada lagi desa tertinggal di wilayahnya. Pencapaian itu berbanding terbalik ketika baru menjabat, tercatat ada 929 desa berstatus tertinggal di Jabar.

"Jadi salah satu pencapaian, di awal menjabat kan masih ada desa tertinggal, sekarang sudah nol menurut laporan kepala dinas desa," kata Ridwan Kamil usai Rapat Paripurna Hari Jadi ke-77 Provinsi Jawa Barat di Gedung DPRD Jawa Barat, Kota Bandung, Jumat 19 Agustus.

Bahkan, lanjut dia, total desa mandiri meningkat signifikan dari 37 menjadi 1.130 desa di Provinsi Jabar.

"Bagi kami, keberpihakan kepada desa dengan hilangnya status desa tertinggal dan sangat tertinggal dan bertambahnya desa mandiri menunjukkan pembangunan di desa merata inklusif. Salah satunya dengan program desa digital, satu desa satu perusahaan, keberpihakan anggaran, program petani milenial," tuturnya disitat Antara. 

Desa mandiri merupakan desa yang memiliki kemampuan melaksanakan pembangunan desa secara mandiri untuk menyejahterakan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya.

Gubernur Ridwan Kamil berharap bertambahnya desa mandiri di Jabar menginspirasi desa lainnya dan pihaknya yakin masa depan ada di desa syaratnya adalah menguasai digital.

"Desa yang melompat ini supaya menginspirasi karena saya yakin masa depan itu adalah di desa, asal kuasai digital. Maka tinggal di desa, rezeki kota, bisnis pun mendunia," ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan di satu tahun terakhir masa jabatannya, pihaknya akan memperhatikan hal yang kurang seperti kondisi jalan provinsi.

"Saya lagi memastikan salah satunya infrastruktur jalan mulus. Itu juga kan banyak komplain karena uangnya hilang karena COVID-19. Di dua tahun terakhir akan dikembalikan sehingga di akhir jabatan saya jalannya rapi-rapi, baik," tandasnya.