Dua Jet Tempur Rusia Masuk Wilayah Finlandia Selama 2 Menit Sepanjang 1 Km
Salah satu sudut Porvoo (Photo by Carlos "Grury" Santos on Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Entah apa maksud dua pilot pesawat tempur MiG-31 Rusia ini. Namun kehilangan arah alias nyasar rasanya tidak mungkin.

Ada dua MiG-31 milik Rusia yang terdeteksi melanggar wilayah udara Finlandia. Kejadianya Kamis 18 Agustus di dekat kota pantai Porvoo di Teluk Finlandia, kata kementerian pertahanan Finlandia yang dikutip dari Channel News Asia.

Pelanggaran yang diduga terjadi pada pukul 06.40 GMT. Jet tempur itu terbang menuju ke barat dan berada di wilayah udara Finlandia selama dua menit.

"Kedalaman dugaan pelanggaran ke wilayah udara Finlandia adalah 1 km," kata kementerian.

Namun tidak ada penjelasan, pesawat itu diusir atau keluar sendiri.

Angkatan udara Finlandia mengidentifikasi pesawat dan Penjaga Perbatasan telah meluncurkan penyelidikan atas pelanggaran tersebut, pernyataan kementerian menambahkan.

Sebelumnya, Kementerian pertahanan Rusia mengatakan mereka telah merelokasi tiga pesawat tempur MiG-31E yang dilengkapi dengan rudal hipersonik Kinzhal ke wilayah Kaliningrad, eksklave pantai Baltik Rusia antara Polandia dan Lithuania.

Insiden militer Rusia masuk Finlandia bukannya baru terjadi. Pada awal Mei silam, Helikopter Mi-17 Rusia memasuki wilayah udara Finlandia dua kali pada hari yang sama.

Namun, dikatakan bahwa insiden tersebut tidak dianggap sebagai pelanggaran serius.

Penyelidikan menemukan bahwa helikopter tersebut memasuki wilayah udara Finlandia dua kali dengan jarak beberapa ratus meter dua kali pada pagi hari tanggal 4 Mei, ketika sedang melakukan patroli rutin di dekat perbatasan.

Helikopter itu terbang sekitar 700 meter di atas perbatasan Finlandia dekat Kitee, dan sekitar 500 meter di dekat Rautjärvi.

“Penyimpangan berlangsung singkat, dan helikopter kembali ke wilayah udara Rusia atas inisiatifnya sendiri,” kata Penjaga Perbatasan dalam siaran pers.