Swedia-Finlandia Gabung: Daya Pukul Militer NATO Bakal Meningkat Signifikan, Begini Hitung-hitungannya
Ilustrasi artileri 155 K98 militer Finlandia. (Wikimedia Commons/MKFI)

Bagikan:

JAKARTA - Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) akan mendapatkan keuntungan signifikan, meningkatkan daya pukul militer, baik secara keterampilan maupun persenjataan, jika Finlandia dan Swedia resmi bergabung.

Partai pemerintah Swedia mengatakan negara itu akan memilih untuk bergabung dengan aliansi militer itu, sementara Finlandia diperkirakan akan meratifikasi penerapannya pada Senin.

Gudang senjata artileri, jet dan kapal perang canggih Finlandia serta tentara inti yang sangat profesional akan memberikan aliansi tersebut pukulan yang jauh lebih besar terhadap Rusia.

Sementara di sisi lain, Swedia membawa kekuatan yang lebih kecil namun dianggap baik dengan tank, kendaraan tempur infanteri dan kapal selam.

Finlandia memiliki kekuatan perang yang besar dan efektif sebanyak 280.000 tentara, termasuk pasukan cadangan.

Ini juga merupakan negara yang akan sulit untuk diinvasi, dengan danau dan rawa yang luas yang diselingi oleh hutan pinus yang luas.

jet fa18 hornet finlandia
Ilustrasi jet F/A 18 Hornet Finlandia. (Wikimedia Commons/bomberpilot)

"Finlandia telah merencanakan dengan sangat hati-hati konsep operasi untuk menghentikan invasi Rusia, mereka tahu medan mereka dengan sangat baik," terang Sam Cranny-Evans, pakar militer di lembaga think tank Rusi, dikutip dari The National News 17 Mei.

"Mereka sangat percaya diri dan diperlengkapi dengan baik dan mereka tentu saja tidak menambah beban bagi NATO," sambungnya.

Lebih jauh ia menilai Finlandia mungkin tidak akan membutuhkan kehadiran NATO yang berat untuk menopang pertahanannya, bahwa memiliki brigade tempur AS yang besar di negara itu mungkin terbukti menjadi beban.

Helsinki akan lebih mungkin untuk meminta AS untuk "efek gabungan", seperti memberikan dukungan intelijen dan tembakan dari kapal perang dan pesawat.

Skuadron jet F-18 Finlandia semuanya top-of-the-line, dengan kemampuan untuk menembakkan Joint Air-to-Surface Stand-off Missiles jarak jauh yang sangat efektif.

Selain itu, Angkatan Udaranya akan ditingkatkan secara signifikan ketika menerima yang pertama dari 64 generasi kelima F-35 pada tahun 2025, bersama dengan F-35 dari Norwegia dan Denmark, akan menjadikannya musuh udara yang sangat kuat.

pasukan khusus finlandia
Ilustrasi pasukan khusus Finlandia. (Wikimedia Commons/Allied Joint Force Command Brunssum)

Perang di Ukraina telah mengajarkan tentara di seluruh dunia keefektifan tembakan artileri yang berat dan akurat, dalam menghancurkan kendaraan lapis baja massal. Finlandia berada di garis depan doktrin ini.

Finlandia juga telah membeli artileri pelacak K9 Thunder buatan Korea Selatan, salah satu yang paling canggih di dunia, yang memiliki kemampuan menembakkan peluru sejauh 53 kilometer.

Tidak seperti Swedia, Finlandia tidak pernah mengurangi angkatan bersenjatanya setelah Perang Dingin. Tetapi tetangganya di Skandinavia itu berubah dari 100.000 tentara pada 1995 menjadi hanya 15.000 pada 2018.

Menyadari meningkatnya ancaman dari Rusia, bagaimanapun, Swedia telah membangun kembali kekuatan mencapai 23.000 personil dan menghabiskan semakin banyak anggaran pertahanannya.

Dengan basis industri pertahanan nasional yang kuat, Swedia memproduksi peralatan tingkat tinggi, termasuk drone, kapal perang dan kendaraan lapis baja.

Yang terpenting di antara peralatan ini adalah kendaraan tempur infanteri CV-90 yang dapat melibas lereng yang berkelok-kelok, dengan membawa daya tembak meriam 40mm bersama dengan delapan tentara dan tiga anggota awak.

Swedia juga memiliki tank Leopard 2 terbaru buatan Jerman yang, dengan menggunakan taktik yang tepat, terbukti tangguh di medan perang Eropa.

cv-90 Swedia
Ilustrasi kendaraan tempur lapis baja CV-90 Swedia. (Wikimedia Commons/Mr Bullitt)

Tak hanya itu, kekuatan udaranya yang terdiri dari 204 unit Gripen buatan nasional, selain berkemampuan tinggi, juga sepenuhnya dapat dioperasikan dengan pesawat tempur NATO. Poin kuncinya adalah, negara-negara Nordik tidak akan, tidak seperti beberapa anggota NATO lainnya, membuktikan beban aliansi dengan perangkat keras yang sudah ketinggalan zaman.

Mereka malah akan menjadi aset, mampu memasok kelompok pertempuran mandiri ke Eropa Tengah atau bekerja dalam ekspedisi, peran penjaga perdamaian di tempat-tempat seperti Sahel. Kedua negara juga memberi NATO lebih banyak wilayah untuk pangkalan pasukan dan juga pelabuhan untuk kapal perang, terutama berguna untuk melawan kehadiran Rusia di Laut Baltik dan Kutub Utara.

Intinya, Rusia sekarang menghadapi NATO yang ditingkatkan secara signifikan yang, dengan kemungkinan anggota Nordik barunya, telah secara substansial meningkatkan daya tembaknya. Diharapkan juga bahwa anggota baru akan meningkatkan nilai pencegahan, membuat Kremlin mempertimbangkan kembali pemikiran invasi.