Ketika 4 Sukhoi Rusia <i>Nyelonong</i> ke Swedia dan Niatan Torehkan Sejarah Ketika Mau Bantu Ukraina
Empat pesawat Rusia berjenis SU 27 dan SU 24 yang berhasil difoto pasukan udara Swedia (Foto: Försvarsmakten)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah insiden yang menambah ketegangan konflik terjadi di langit Swedia. Ketika 2 jet tempur milik Rusia masuk --meski cuma sebentar-- ke wilayah udara Swedia di sebelah timur pulau Gotland Swedia di Laut Baltik.

Swedia tidak diam. Angkatan udaranya langsung mengirim jet JAS 39 Gripen Swedia dengan kategori supersonik untuk mem-foto 4 jet tempur rusia itu.

Dua jet tempur pertama adalah SU27 dan dua lagi SU24 Rusia.

"Pelanggaran Rusia terhadap wilayah udara Swedia tentu saja sama sekali tidak dapat diterima," kata Menteri Pertahanan Peter Hultqvist dikutip dari Reuters, Kamis 3 Maret.

"Ini akan mengarah pada tanggapan diplomatik yang tegas dari Swedia. Kedaulatan dan wilayah Swedia harus selalu dihormati," lanjut dia lagi.

Swedia memang masuk dalam gerbong yang mengecam habis invasi Rusia ke Ukraina. Kecaman itu ditunjukkan juga dengan aksi nyata, mengirim bantuan militer.

Swedia pada Minggu mengatakan akan mengirim bantuan militer, termasuk 5.000 senjata anti-tank ke Ukraina. Belum lagi helm dan pelindung tubuh.

Asal tahu saja, inilah pertama kalinya sejak 1939 Swedia mengirim senjata ke negara yang sedang berperang.

"Swedia sekarang mengusulkan dukungan langsung untuk angkatan bersenjata Ukraina. Ini termasuk 135.000 ransum lapangan, 5.000 helm, 5.000 pelindung tubuh dan 5.000 senjata anti-tank" ucap Perdana Menteri Magdalena Andersson.

Jadi, apakah karena pengiriman ini atau hanya...