Perasaan Kolonel Laut Andike Dapat Perintah Jadi Komandan Upacara Detik-detik Kemerdekaan di Istana
Kolonel Laut Andike Sry Mutia bertugas sebagai Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, 17 Agustus. (Foto via ANTARA/Biro Pers Sekretariat Presiden)

Bagikan:

JAKARTA - Upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, 17 Agustus, telah berakhir. Kolonel Laut Andike Sry Mutia berhasil menjalankan tugas sebagai Komandan Upacara dengan baik.

Andike kemudian menceritakan pengalamannya tersebut. Dia menyebut tugas itu sebagai tanggung jawab yang berat untuk dijalankan.

"Yang saya rasakan, pertama kali mendapatkan perintah untuk memimpin Upacara Detik-Detik Proklamasi adalah ini adalah tantangan, ini adalah beban, dan ini adalah tanggung jawab yang berat bagi saya," kata Andike melalui YouTube Sekretariat Presiden di Jakarta, seperti dilansir Antara.

"Tetapi amanah ini dan kepercayaan ini harus saya jalankan, harus saya siapkan sebaik-baiknya," lanjutnya.

Andike adalah Komandan Pusat Pendidikan Pelaut Komando Pendidikan Operasi Laut Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL.

Ketika terpilih, Pria asal Padang, Sumatra Barat, ini mengaku memang sudah menjalani persiapan secara matang. Baik dari segi fisik maupun mental, serta doa yang kuat.

"Kami harus siap. Momen ini tidak akan terulang untuk yang kedua kalinya," tutur Kolonel Andike.

"Saya akan membuat cerita indah bagi hidup saya dan juga mendukung kelancaran dari kegiatan Upacara Negara kita dalam rangka Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-77 ini," kata Andike.