Kali ini Baju Adat Buton Sultra yang Dipilih Presiden Jokowi untuk Upacara Detik-detik Kemerdekaan di Istana
Presiden Joko Widodo

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo menggunakan pakaian Dolomani yang merupakan baju adat Buton saat upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, 17 Agustus.

Dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi tampak menggunakan baju setelah merah dengan penutup kepala berwarna senada.

"Ini baju dari Buton, Sulawesi Tenggara. Ini Baju Dolomani dari Buton," kata Jokowi kepada wartawan.

Jokowi sebelumnya pernah mengajak masyarakat menebak pakaian adat yang akan dipakainya saat Upacara HUT ke-77 RI. Tebak-tebakan itu diunggah di akun Instagram resminya @jokowi.

"Selamat pagi. Puncak peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI tinggal dua hari lagi. Seperti tahun-tahun yang lalu, saya dan Ibu Negara akan datang ke upacara dengan busana adat daerah," tulis Jokowi dalam unggahannya.

"Pilihannya sungguh banyak, sebanyak jumlah suku di Nusantara," lanjutnya.

Sebagai informasi, Jokowi hari ini akan memimpin langsung upacara di Istana Merdeka, Jakarta. Kegiatan ini akan dimulai pukul 09.45 WIB.

Dalam upacara ini, Ketua DPD RI LaNyalla Mahmud Mattaliti bakal bertugas membacakan teks proklamasi. Sementara Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas akan membacakan doa.