Pakaian Adat yang Dipakai Jokowi Saat Pimpin HUT RI dari NTT
Presiden RI Joko Widodo (Foto: Setkab)

Bagikan:

JAKARTA - Pelaksanaan upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI berjalan dengan khidmat. Sejumlah petinggi negara yang hadir di Istana Negara terlihat mengenakan baju adat, Kamis 17 Agustus.

Presiden Joko Widodo yang menjadi Inspektur Upacara terlihat mengenakan baju adat dari Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur.

Sementara Wakil Presiden Ma'ruf Amin terlihat mengenakan pakaian ada melayu. Demikian juga dengan Ketua DPR Puan Maharani yang memakai pakaian adat Tekuluk Bai Bai dari Jambi.

Upacara Perayaan Kemerdekaan RI di Istana Merdeka pada tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena mengedepankan protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19.

Jumlah peserta yang hadir di Istana Merdeka dibatasi. Masyarakat dan sebagian besar pejabat negara dan pejabat daerah mengikuti upacara kemerdekaan secara virtual.

Komandan upacara adalah Kolonel Inf. Muhammad Imam Gogor, A.A. Pria kelahiran Kediri, 16 Februari 1977, ini merupakan lulusan Akademi Militer pada 1998. Saat ini ia menjabat sebagai Asops Paspampres.

Adapun bertindak sebagai Perwira Upacara ialah Brigadir Jenderal TNI Syafruddin, S.E., M.M., M.Tr (Han). Lahir di Wajo, 3 Agustus 1964, saat ini Syafruddin menjabat sebagai Kepala Staf Garnisun Tetap I Jakarta. Dia merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1989.