Soal Penikaman Salman Rushdie, Teheran: Tidak Ada yang Berhak Menuduh Iran di Balik Serangan Tersebut
Salman Rushdie. (Wikimedia Commons/ActuaLitté)

Bagikan:

JAKARTA - Teheran keras menyebut tidak ada pihak yang memiliki hak untuk menuduh mereka berada di balik serangan terhadap novelis Salman Rushdie, sebaliknya menyebut dia dan pendukungnya yang harus disalahkan.

Dalam reaksi pertamanya terhadap serangan Hari Jumat di Amerika Serikat tersebut, juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Nasser Kanaani mengatakan, kebebasan berbicara tidak membenarkan penghinaan Rushdie terhadap agama.

Diketahui, Novelnya tahun 1988 "The Satanic Verses" dipandang menyinggung Muslim, karena isinya ada yang mengejek Nabi Muhammad SAW dan aspek Islam lainnya.

"Selama serangan terhadap Salman Rushdie, kami tidak menganggap orang lain selain dirinya dan pendukungnya layak untuk dicela, dicela, dan dikutuk," kata Kanaani dalam jumpa pers, melansir Reuters 15 Agustus.

"Tidak ada yang berhak menuduh Iran dalam hal ini," tegasnya.

Lebih lanjut Kanaani mengatakan, Rushdie telah "mengekspos dirinya pada kemarahan rakyat dengan menghina kesucian Islam dan melintasi garis merah 1,5 miliar Muslim."

Dia mengatakan Iran, tidak memiliki informasi lain tentang tersangka penyerang novelis kecuali apa yang muncul di media.

Kendati demikian, outlet media pemerintah Iran garis keras 'merayakan' dengan tajuk utama, 'Setan telah dibutakan', sementara beberapa warga Iran menyuarakan dukungan online untuk penikaman tersebut.

Usai penerbitan buku kontroversialnya, tahun berikutnya, Pemimpin Tertinggi Iran saat itu, Ayatollah Ruhollah Khomeini mengeluarkan fatwa, atau dekrit, menyerukan umat Islam untuk menjatuhkan hukuman mati sang novelis dan siapapun yang terlibat dalam penerbitan buku tersebut.

Pemerintah Iran mengatakan pada tahun 1998 tidak akan lagi mendukung fatwa tersebut.

Tetapi pada tahun 2019, Twitter menangguhkan akun Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei atas tweet yang mengatakan bahwa fatwa terhadap Rushdie 'solid dan tidak dapat dibatalkan'.

Diberitakan sebelumnya, kondisi Salman Rushdie, penulis terkenal yang ditikam berulang kali di New York, Amerika Serikat Jumat pekan lalu, berangsur membaik dan sudah tidak lagi menggunakan ventilator, kata sang agen dan anak.

Tersangka penikaman, Hadi Matar dari Fairview, New Jersey, mengaku tidak bersalah atas tuduhan percobaan pembunuhan tingkat dua dan penyerangan tingkat dua, pada penampilan pengadilan pada Hari Sabtu, sebut sang pengacara, Nathaniel Barone.

Rushdie ditikam 10 kali, kata jaksa selama dakwaan Matar, menurut New York Times.

Tinjauan penegakan hukum awal terhadap akun media sosial Matar menunjukkan, dia bersimpati kepada ekstremisme Syiah dan Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Iran, menurut NBC New York. IRGC dituduh Washington melakukan kampanye ekstremis global.

Matar adalah putra seorang pria dari Yaroun di Lebanon selatan, menurut Ali Tehfe, wali kota Yaroun. Orang tua Matar beremigrasi ke Amerika Serikat, tempat ia dilahirkan dan dibesarkan, kata wali kota, seraya menambahkan ia tidak memiliki informasi tentang pandangan politik mereka.

Kelompok bersenjata yang didukung Iran, Hizbullah, memegang pengaruh signifikan di Yaroun, di mana poster Khomeini dan komandan IRGC yang terbunuh Qassem Soleimani, yang terbunuh oleh serangan pesawat tak berawak AS pada tahun 2020, menghiasi dinding di sana.

Seorang pejabat Hizbullah mengatakan kepada Reuters pada Hari Sabtu, kelompok itu tidak memiliki informasi tambahan tentang serangan terhadap Rushdie.