26 Desember dalam Sejarah: Ayatollah Khamenei Beri Fatwa Mati Salman Rushdie yang Dianggap Lecehkan Islam
Salman Rushdie. (Foto: Wikimedia Commons)

Bagikan:

JAKARTA - Pada 26 Desember 1990, Pemimpin spiritual Iran, Ayatollah Ali Khamenei, mengucapkan fatwa hukuman mati terhadap seorang penulis bernama Salman Rushdie. Ayatollah Khamenei mengatakan bahwa tuduhan atas penistaan ​​agama akan tetap diberlakukan. Sementara Rushdie menolak menyatakan penyesalan telah menulis novel The Satanic Verses, novel yang dianggap menyinggung umat Islam.

Novel tersebut setidaknya berisi referensi yang mengejek Nabi Muhammad dan aspek Islam lainnya, di samping karakter yang jelas berdasarkan Pemimpin Tertinggi Iran. Pada 14 Februari 1989, Ayatollah Ruhollah Khomeini, mengeluarkan tanggapan yang paling kuat, menyerukan "semua Muslim pemberani" untuk membunuh Rushdie dan penerbitnya.

Mengutip BBC, Sabtu 26 Desember, Radio Teheran mengutip perkataan Ayatollah Khameini yang mengatakan bahwa keputusan pendahulunya Ayatollah Ruhollah Khomeini "tetap tidak berubah bahkan jika dia bertobat dan menjadi orang paling saleh pada masanya." Novelis kelahiran India itu bersembunyi di bawah penjagaan polisi sejak Ayatollah Ruhollah Khomeini memerintahkan hukuman mati pada 14 Februari 1989.

Meskipun banyak hal yang paling kontroversial yang dikatakan tentang Islam dan Muhammad dalam buku tersebut berasal dari mulut tokoh-tokoh komik, hal itu tidak dapat disangkal bersifat menghina. Digambarkan bahwa Nabi Muhammad mengucapkan kata-kata Setan alih-alih Tuhan, dan banyak yang sangat marah dengan penggambaran sebuah rumah bordil di mana para pelacur memiliki nama yang sama dengan nama istri Nabi Muhammad.

Salman Rushdie lalu dilaporkan masuk Islam pada Malam Natal. Ia memisahkan dirinya dari sentimen anti-Muslim yang diungkapkan oleh karakter dalam bukunya. Keputusannya muncul setelah melakukan pembicaraan dengan Muslim moderat, termasuk pejabat Mesir, dan merupakan upaya untuk memuluskan perbedaannya dengan komunitas Islam dan keluar dari persembunyian.

Masuk Islam

Rushdie mengatakan dia percaya itu adalah "awal dari akhir" untuk ancaman kematian dan dia berjanji untuk tidak mengizinkan terjemahan lebih lanjut dari The Satanic Verses. Ia juga berjanji untuk terus berusaha agar paham lebih baik tentang Islam.

Tapi Ayatollah Khamenei bersikukuh bahwa "keputusan ilahi" tidak bisa dibatalkan. Ayatollah Khamenei mengatakan upaya "orang-orang Muslim palsu tertentu" tidak akan mengubah fatwa Iran pada 1989.

Ayatollah Khamenei mewarisi jubah pembimbing spiritual tertinggi revolusi Iran ketika Ayatollah Khomeini meninggal pada Juni 1989 dan otoritasnya tidak mungkin ditantang di Iran. Ayatollah Khomeini, yang berhasil menggulingkan raja yang didukung AS satu dekade sebelumnya, adalah pemimpin sekelompok ulama yang telah mengubah Iran menjadi negara teokrasi. Karena itu, dia mungkin otoritas Syiah yang paling terkemuka di dunia. 

Umat ​​Muslim di seluruh dunia mengutuk The Satanic Verses. Novel tersebut dibakar di depan umum di Bolton, Inggris, memicu kerusuhan mematikan di Pakistan dan dilarang sepenuhnya di banyak negara Muslim. Tetapi fatwa Khomeini membawa kontroversi ke ketinggian baru.

Mohammed Siddiqi, pemimpin Gerakan Pemuda Muslim Inggris, menegaskan kembali tuntutan untuk penarikan semua salinan The Satanic Verses. Ia juga janji bahwa novel tersebut tidak akan pernah diterbitkan dalam bentuk apapun.

Komite Aksi Inggris untuk Urusan Islam mengakui bahwa Rushdie telah mengambil langkah ke arah yang benar untuk memutuskan mendalami agama Islam. Tetapi komite tersebut juga mengatakan bahwa Rushdie seharusnya menarik The Satanic Verses dari peredaran.

Rushdie dianugerahi gelar bangsawan pada 2007. Pada tahun itu ia mengatakan bahwa dia melihat fatwa sebagai "sepotong retorika dan bukan ancaman nyata." Sementara Rushdie tetap tidak terluka, reaksi terhadap novelnya bertanggung jawab atas banyaknya kematian dan cedera di seluruh dunia. Ia menjadi salah satu contoh konflik paling mematikan antara fundamentalis agama dan aktivis kebebasan berbicara di abad ke-20.