Ditjen Imigrasi Sebut Surya Darmadi Tiba di Indonesia Dari Taipe Gunakan China Airlines
Ilustrasi-Unsplash

Bagikan:

JAKARTA - Direktorat Jenderal Imigrasi menyebut Surya Darmadi yang merupakan buronan Kejaksaan Agung (Kejagung) dan KPK sudah berada di Indonesia. Dia disebut menuju tanah air dari Taipe.

"Yang bersangkutan datang dengan menumpang pesawat China Airlines CI 761 rute Taipei-CGK (Cengkareng, red)," ujar Subkoordinator Humas Ditjen Imigrasi Achmad Nur Saleh dalam keterangannya, Senin, 15 Agustus.

Kemudian, berdasarkan data perlintasan, Surya Darmadi tiba di Indonesia sekitar pukul 13.20 WIB.

Pada kesempatan terpisah, Kapuspenkum Kejaksaan Agung (Kejagung) Ketut Sumedana menyebut pihaknya sudah mengamankan Surya Darmadi. Saat ini, buronan itu sedang dalam perjalanan menuju Kejagung.

"Tinggal dibawa ke kantor (Kejagung, red)," kata Ketut.

Surya Darmadi merupakan pemilik PT Duta Palma Group yang ditetapkan sebagai tersangka dugaan korupsi penyerobotan lahan seluas 37.095 hektare di Riau oleh Kejagung. Dia ditetapkan bersama tersangka lainnya, Raja Thamsir Rahman yang merupakan mantan Bupati Indragiri Hulu.

Selain itu, Surya Darmadi juga merupakan buronan KPK. Dia ditetapkan sebagai tersangka sejak 2019. Penetapan ini dilakukan setelah penyidik mengembangkan kasus yang menjerat mantan Gubernur Riau Annas Maamun.