Melihat Jelas Kontrak Koalisi Gerindra-PKB: Capres-Cawapres Ditentukan Prabowo dan Cak Imin
Gerindra dan PKB resmi berkoaliasi (Foto Nailin/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Partai Gerindra dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar resmi menandatangani piagam kerja sama koalisi untuk Pilpres 2024 di SICC Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 13 Agustus.

Penandatanganan piagam koalisi tersebut disaksikan ribuan kader Partai Gerindra dan PKB dari perwakilan daerah di seluruh Indonesia. Selesai meneken piagam koalisi, keduanya melambaikan tangan.

Selanjutnya, mewakili partai Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad dan Waketum PKB Jazilul Fawaid membacakan isi kesepakatan tersebut.

"Satu, dalam rangka mewujudkan pembangunan nasional yang berkelanjutan dan berkesinambungan partai Gerindra dan PKB bekerjasama dalam pemilu serentak 2024," ujar Dasco.

"Dua, kerja sama Partai Gerindra dan PKB didasarkan pada visi bersama agar terjadi percepatan pembangunan Indonesia secara berdaulat, adil, makmur, sejahtera, dan aktif mendorong percepatan perdamaian dunia," sambung Jazilul.

"Tiga, kerja sama Partai Gerindra dan PKB dilatarbelakangi keinginan untuk menyatukan dua kekuatan besar di Indonesia yakni nasionalis dan religius untuk menghindari polarisasi dan dapat membuka koalisi dengan partai politik lain atas persetujuan kedua belah pihak," jelas Dasco

"Empat, calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung oleh kerja sama partai politik, Partai Gerindra dan PKB, akan ditentukan bersama-sama oleh Ketua Dewan Pembina/Ketua Umum Partai Gerindra Haji Prabowo Subianto, dan Ketua Umum PKB Haji Abdul Muhaimin Iskandar," kata Jazilul

"Lima, kesepakatan kerja sama Partai Gerindra dan PKB ditindaklanjuti dengan kerja politik bersama untuk memenangkan pasangan calon presiden dan wakil presiden yang disepakati," imbuh Dasco.