Viral Bu Oka Pemilik Warung Tolong Bule, Dispar: Ini Karakteristik Warga Bali Sesungguhnya
Bu Oka membantu bule yang berpura-pura mengalami sakit pada bagian kaki/FOTO: Tangkapan layar viral media sosial

Bagikan:

DENPASAR - Video ibu pemilik warung bernama Ni Wayan Resmini atau akrab disapa Bu Oka mendadak viral di media sosial.

Ibu Oka tak menyangka mendapat uang Rp5 juta setelah menolong seorang bule yang mengaku keseleo pada engkel kakinya. Peristiwa itu terjadi di warung miliknya di Pantai Pandawa, Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Tjok Ida Bagus Pemayun, mengapresiasi yang dilakukan Ibu Oka. Menurutnya hal itu adalah karakteristik masyarakat Bali sebenarnya.

"Memang ibu inilah yang menunjukkan karakteristik masyarakat Bali pada umumnya, dan ini memberikan motivasi bagi masyarakat untuk kembali ke jati diri karakteristik yang seperti ini," kata Pemayun, saat dihubungi, Selasa, 9 Agustus.

"Apalagi Bali hampir 56 persen tergantung pada pariwisata, sehingga karakter-karakter seperti ini dalam hospitality khususnya untuk pariwisata," imbuhnya.

Pihaknya juga akan memberikan penghargaan karena apa yang dilakukan Ibu Oka patut diapresiasi karena memberikan hal positif bagi pariwisata di Pulau Dewata.

"Saya masih melihat ini dulu, karena ini merupakan suatu peristiwa yang memang betul-betul diapresiasi. Saya sendiri mengapresiasi ibu ini. Hal yang seperti ini bisa memberikan value bagi Bali yang notabene tergantung kepada pariwisata," ungkapnya.

Apa yang dilakukan Ibu Oka tegas Kadis Pariwisata Bali menjadi pembelajaran bagi pelaku pariwisata dan khususnya masyarakat Bali untuk saling bahu-membahu membangkitkan pariwisata di Bali setelah terdampak pandemi COVID-19.

"Ini adalah pembelajaran bagi kita semua. Ini momentum, apalagi (saat) pandemi, bagaimana kita saling bahu-membahu dan tolong menolong tidak hanya (karena) pariwisata dan wisatawan saja, tetapi ini momentum untuk saling bekerjasama tidak hanya pemerintah, (tapi) pelaku pariwisata dan masyarakat," ujarnya.