Perjalanan Haji 2022 Berakhir, Jamaah Terakhir Kloter 8 Tiba di Makassar
Jamaah Haji Makssar (Foto: ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Jamaah haji asal Kabupaten Maros, Takalar, Kota Palopo, Makassar di Provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara tiba sesuai jadwal di Debarkasi Kota Makassar sekitar pukul 19.25 Wita, Jumat, 5 Agustus.

"Alhamdulillah semua jamaah kembali ke tanah air dengan selamat dan sesuai jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya," kata Koordinator PPIH Debarkasi Makassar, H Muhammad Tonang saat penerimaan jamaah haji Kloter 8 di Asrama Haji Sudiang, Makassar.

Dia berharap para jamaah haji sepulang ke daerah masing-masing dapat menjadi suri teladan bagi masyarakat yang merupakan ciri sebagai haji yang mabrur.

Sementara itu, Wakil Bupati Takalar, H Ahmad Se're disela penyerahan jamaah haji mengatakan, pihaknya sangat bersyukur karena jamaah haji asal Takalar jumlah keberangkatan sama dengan jumlah kepulangan.

"Dengan dibukanya penyelenggaraan jamaah haji tahun ini, kami bersyukur warga kami dapat berhaji meskipun hanya separuh dari total kuota normal," ujarnya dikutip dari ANTARA, Sabtu, 6 Agustus.

Karena itu, Ahmad yang akrab disapa Aji Dede berharap agar tahun depan Pemerintah Arab Saudi yang kemudian dilaksanakan oleh penyelenggara haji sudah memberikan 100 persen kuota berhaji.

Apalagi diakui, animo masyarakat untuk berhaji asal Kabupaten Takalar cukup tinggi, sehingga daftar tunggu rata-rata dapat mencapai di atas 25 tahun.

Hal itu dibenarkan salah seorang jamaah haji asal Galesong, Kabupaten Takalar, Daeng So'na.

Dia mengatakan, naik ke tanah suci ini sungguh suatu hal yang sangat ditunggu-tunggu, apalagi sempat terhalang ke tanah suci dua tahun akibat pandemi COVID-19.

"Jadi kami sangat bersyukur mendapat kesempatan berhaji, meskipun awalnya sempat tertunda dua tahun karena pandemi COVID-19," katanya..

Debarkasi Makassar yang membawahi 8 provinsi di Kawasan Timur Indonesia, pada musim haji 2022 telah memberangkatkan sekitar 7.300 orang calon jamaah haji dengan setiap Kloter rata-rata sebanyak 393 orang jamaah.

Jumlah tersebut disesuaikan dengan jumlah seat atau tempat duduk pesawat angkutan haji yakni Maskapai Garuda Indonesia jenis Boeing 777-300 yang berkapasitas 393 kursi.