Bagikan:

JAKARTA - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Batam menyampaikan bahwa sebanyak 8.345 calon haji yang diberangkatkan dari embarkasi tersebut sudah tiba di Arab Saudi, baik di Kota Madinah maupun Makkah hingga 31 Mei 2024.

Sekretaris PPIH Embarkasi Hang Nadim Batam Muhammad Syafii di Batam, Sabtu 1 Juni, mengatakan jamaah calon haji dari Embarkasi Hang Nadim Batam yang sudah tiba di Madinah dan Makkah berasal dari Kepri, Riau, dan Kalimantan Barat.

"Hingga tanggal 31 Mei 2024, kami sudah memberangkatkan 19 kloter. Hari ini akan berangkat kloter 20 jamaah calon haji (JCH) asal Kalbar ke Jeddah," kata Syafii, dikutip dari Antara.

Ia menyampaikan saat ini Embarkasi Hang Nadim Batam telah memasuki keberangkatan gelombang dua, dengan tujuan Batam-Makkah.

Syafii menyebutkan terdapat 18 kloter keberangkatan jamaah calon haji menuju Kota Makkah.

"Alhamdulillah, sekarang sudah memasuki keberangkatan gelombang dua dan cukup banyak, ada 18 kloter. Pada gelombang satu, 10 kloter dengan tujuan Madinah," ujar dia.

Ia mengatakan pelayanan terhadap jamaah calon haji Embarkasi Hang Nadim Batam berakhir pada 10 Juni 2024, yaitu memberangkatkan kloter 28, JCH asal Jambi dengan tujuan Makkah.

Secara keseluruhan, pada pelaksanaan haji 2024, PPIH Embarkasi Batam melayani 28 kloter, meliputi Provinsi Kepri, Riau, Kalimantan Barat, dan Jambi.

Sebelumnya, Kementerian Agama (Kemenag) RI mencatat sebanyak 102.104 calon haji Indonesia telah berada di Arab Saudi pada hari ke-15 operasional haji Indonesia.

"Berdasarkan laporan PPIH Arab Saudi pada Sabtu, 25 Mei 2024, pukul 21.00 Waktu Arab Saudi atau Minggu, 26 Mei 2024 pukul 01.00 WIB, jamaah yang sudah tiba di Tanah Suci berjumlah 102.104 orang," kata Petugas Media Center Haji (MCH), Widi Dwinanda dalam konferensi pers penyelenggaraan ibadah haji, yang diikuti secara daring di Jakarta, Ahad.

Widi menjelaskan seluruh calon haji yang tiba di Arab Saudi merupakan gabungan dari jamaah yang terbagi ke dalam 259 kelompok terbang (kloter).