Bagikan:

RIAU - Seorang jemaah calon haji (JCH) Provinsi Riau bernama Subani Firdaus Samad Thaha meninggal dunia di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah, Arab Saudi, Jumat 16 Juni dini hari 

Humas Kementerian Agama (Kemenag) Riau, Ana, mengatakan calon haji itu tergabung dalam embarkasi Batam (BTH–08) asal Kota Pekanbaru.

"Jamaah calon haji asal Riau dengan nomor porsi 0400084499 atas nama Subani Firdaus Samad Thaha itu memiliki riwayat penyakit jantung," kata Ana, di Pekanbaru, Jumat 16 Juni, disitat Antara.

Ana mengatakanpihaknya dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Riau Mahyudin MA menyampaikan duka cita mendalam atas meninggalnya calon haji tersebut. 

"Semoga almarhum ditempatkan bersama orang–orang yang diridhoi Allah subhanahu wa ta'a ala (SWT) dan keluarga yang ditinggalkan tabah menghadapi cobaan ini," katanya.

Ana menjelaskan calon haji gabungan Pekanbaru dengan Rokan Hilir tersebut berangkat bersama dengan istrinya pada 28 Mei 2023.

Kondisi almarhum sebelumnya demam biasa dan kemarin masih sempat bergurau. Namun dini hari sekitar pukul 03.00 waktu Arab Saudi, tiba-tiba almarhum merasa sesak dan langsung dibawa ke KKHI. Calon jemaah itu dinyatakan meninggal dunia sekitar pukul 04.15 waktu Arab Saudi

Mahyudin mengatakan Subani Firdaus Samad Thaha yang meninggal belum sempat melaksanakan ibadah haji. Sebab itu, kata dia, ibadah hajinya akan di-ba'dal hajikan oleh petugas yang telah ditunjuk.

Saat ini jenazah sedang diurus oleh pihak Maktab 21 untuk dilakukan pengurusan jenazah mulai dari memandikan, menshalatkan sampai dengan pemakaman menjadi tanggung jawab Maktab.