Penuhi Rasa Keadilan Bagi Keluarga, Kodam XIII Merdeka Cek Data Veteran di Lapangan
Seorang veteran berada di depan foto para veteran di Monumen Perjuangan Rakyat, Bandung, Jabar. (ANTARA-Agus Bebeng)

Bagikan:

SULUT - Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Denny Tuejeh mengatakan kegiatan verifikasi data bagi veteran yang dilaksanakan di wilayah Kodam XIII/Merdeka merupakan pencocokan data veteran yang sudah ada di Kementerian Pertahanan (Kemhan) dengan data di lapangan apakah sudah sesuai.

"Ini dilakukan agar data yang ada di Kemhan dan di wilayah Kodam XIII/Merdeka tidak ada perbedaan dan valid," kata Pangdam dalam sambutan yang dibacakan Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Mochammad Luthfie Beta dalam kegiatan Verifikasi Data Veteran RI TA. 2022, di Manado, Sulawesi Utara (Sulut), dikutip dari Antara, Kamis 4 Agustus.

Untuk itu, pihaknya mengajak untuk mendukung dan memberikan informasi data yang terbaru yang ada di instansi, agar verifikasi data veteran ini dapat berjalan dengan baik serta memenuhi rasa keadilan bagi keluarga veteran.

“Veteran RI adalah salah satu komponen anak bangsa yang sangat berjasa dalam memperjuangkan dan membela kemerdekaan Indonesia. Sudah sewajarnya kita semua sebagai generasi penerus bangsa, menghargai dan menghormati jasa-jasa para veteran," ujarnya.

Direktur Veteran Ditjen Pothan Kemhan Brigjen TNI Echsan Sutadji mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka untuk memberikan pelayanan dalam memberikan informasi yang akurat dan akuntabel jumlah bagi veteran yang ada di wilayah Kodam XIII/Merdeka.

Dia berharap, acara ini dapat terwujud kebersamaan dan persatuan nasional dalam memberikan pelayanan dan meningkatkan kesejahteraan kepada Babinminvetcaddam XIII/Merdeka, LVRI, PT Taspen Persero dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil agar dapat menyajikan data yang valid.

Dalam kegiatan verifikasi tersebut Kababinminvetcaddam XIII/Merdeka Kolonel (Inf) Didik Sugiantoro juga memaparkan tentang kondisi personel Babinminvetcaddam serta data kekuatan veteran RI Babinminvetcaddam XIII/Merdeka.

Selain itu Kasubdit Data Dirvet Ditjen Pothan Kemhan Kolonel (Arh) Eko Wibowo Kusrianto, juga memaparkan tentang sasaran validasi data veteran RI dalam membangun kerja sama antara Babinminvetcaddam XIII/Merdeka dengan Dukcapil, LVRI dan PT. Taspen.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penandatanganan berita acara hasil Verifikasi Data Veteran oleh Kasubdit Data Dirvet Ditjen Pothan Kemhan Eko Wibowo Kusrianto, Kababinminvetcaddam XIII/Merdeka Didik Sugiantoro, Ketua DPD LVRI Sulut Kolonel Ckm (Purn) dr. Wim J Damopolii SpB MKes, dan Branch Manager PT. Taspen (Persero) Manado Kabul Wibowo.