Pemkot Makassar Gelar <i>Swab Test</i> terhadap Sopir Angkot 'Pete-pete'
ILUSTRASI/Unsplash

Bagikan:

MAKASSAR - Pemkot Makassar akan menggelar swab test bagi sopir angkot yang dikenal dengan sebutan pete-pete di Makassar. Swab test ini untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Agus Jaya Said, mengatakan kegiatan ini telah dikoordinasikan dengan Dinas Perhubungan Kota Makassar dan pihak terkait lainnya untuk menyiapkan data terkait sopir angkot yang keluar-masuk Terminal Mallengkeri dan terminal lainnya di Makassar.

"Jadi gini sekarang ini kita dengan Dinas Perhubungan, terkait dengan kita mau swab di sopir pete-pete, jadi nanti kita arahakan ke terminal," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Agus Jaya Said, dihubungi VOI, Sabtu, 14 November.

Swab test bagi sopir pete-pete ini dilakukan karena para sopir paling sering melakukan kontak dengan penumpang.

"Karena memang kita belum kita sasar baru banyak beraktivitas dengan masyarakat umum," katanya.

"Pokoknya berapa sopir pete-pete saja yang mau, kita tahu sopir pete-pete ini bagaimana (soal hasil tes COVID-19),” lanjut Agus.

Selain itu, Pemkot Makassar juga akanmembagikan masker ke berbagai masyarakat fasilitas umum sebagai upaya disiplin protokol kesehatan di masyarakat.

"Kita juga bagi masker di Lego-lego dan di beberapa titik kota Makassar termasuk terminal, anjungan Pantai Losari, dan sejumlah pasar," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar Mario Said mengatakakan telah melakukan persiapan dengan melakukan kordinasi dengan pihak Organda sopir angkutan umum.

"Kalau kami sudah koordinasikan dengan pihak organda, tinggal kami tunggu kapan dilaksanakan, Kami ini cuma membantu Dinas Kesehatan kalau tehknisnya ada pada Dinas Kesehatan," ujarnya.