Krisis Energi dan Inflasi, Minyak Goreng Bekas Bisa Digunakan untuk Bahan Bakar Kendaraan?
Ilustrasi. (Unsplash/@winedharma)

Bagikan:

JAKARTA - Meski sering terdengar minyak goreng dapat digunakan untuk menyalakan mesin diesel. Tapi, hal tersebut masih ilegal di Prancis sampai dengan saat ini.

Juli lalu, Parlemen Prancis memberikan suara pada paket 20 miliar euro, dalam menanggapi kenaikan inflasi dan kekurangan energi potensial musim dingin ini.

Meski RUU tersebut masih harus melalui Senat, salah satunya akan mengizinkan dan mendukung kemungkinan penggunaan minyak goreng sebagai bahan bakar kendaraan.

Menurut ahli ekologi yang mendorong RUU itu, "sementara solar melebihi dua euro per liter di pom bensin", menggunakan minyak bekas sebagai bahan bakar "memberikan bantuan langsung untuk dompet rakyat Prancis dan membatasi polusi dari mesin diesel".

Namun, bisakah minyak goreng digunakan untuk menyalakan dan menjalankan mobil? Hal utama yang perlu diperhatikan adalah, Anda tidak bisa hanya mengambil minyak langsung dari penggorengan dan menuangkannya ke mobil Anda.

Dan jika Anda berpikir untuk menggunakan minyak goreng bekas langsung dari botolnya, pikirkan lagi, itu terlalu kental dan dapat menyebabkan masalah pada mesin Anda. Ini juga hanya cocok untuk kendaraan diesel.

Minyak bekas perlu dikumpulkan, disaring dan diproses sebelum dicampur dengan solar tradisional untuk digunakan sebagai bahan bakar, seperti melansir Euronews 26 Juli.

Otorisasi tersebut merupakan hasil dari amandemen yang diajukan oleh anggota parlemen Julien Bayou, sekretaris Partai Hijau Prancis. Menurut argumen tertulisnya, sepuluh liter minyak limbah yang diproses ulang dengan benar dapat menghasilkan sembilan liter bahan bakar.

Tak hanya itu, penggunaan minyak goreng juga diperkirakan memancarkan hingga 90 persen lebih sedikit gas rumah kaca daripada diesel konvensional.

Adakah wilayah di Prancis yang sudah mengizinkan kendaraan untuk menggunakan minyak goreng? Meskipun saat ini ilegal di Prancis untuk menggunakan minyak goreng sebagai bahan bakar, ada beberapa pengecualian.

Misalnya Béthune-Bruay, sebuah kota di Pas-de-Calais telah memberi daya pada armada 78 truk pengumpul sampahnya dengan bahan bakar yang terbuat dari minyak goreng daur ulang lokal sejak 2019.

Kota ini bekerja sama dengan Gecco, sebuah perusahaan pembuangan limbah yang dipimpin oleh Michel Millares, yang berfokus pada transformasi limbah industri makanan menjadi sumber energi lokal dan terbarukan.

Sementara itu, sebuah kelompok bernama Roule Ma Frite yang memiliki faksi-faksi lokal di seluruh Prancis, mengumpulkan dan mendistribusikan bahan bakar berbasis minyak goreng kepada para anggotanya. Ini telah lama berkampanye untuk perubahan di tingkat pemerintahan.

Terpisah, berbeda dengan Prancis, di Inggris adalah legal untuk memberi daya pada mobil Anda dengan bio-diesel berbasis minyak goreng. Namun jika Anda menggunakan lebih dari 2.500 liter per tahun yang belum dikenakan pajak, Anda harus melaporkannya ke kantor pajak.