Keras Peringatkan Soal Taiwan saat Bicara dengan Presiden Biden, Pemimpin China Xi Jinping: Mereka yang Bermain Api akan Binasa Karenanya
Presiden Joe Biden saat menelepon Presiden Xi Jinping. (Twitter @POTUS)

Bagikan:

JAKARTA - Pemimpin China Xi Jinping memperingatkan agar tidak bermain api di Taiwan dalam panggilan telepon dengan Presiden AS Joe Biden pada Hari Kamis, terkait perhatian Beijing mengenai rencana kunjunga Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke pulau tersebut.

"Mereka yang bermain api akan binasa karenanya," kata Kementerian Luar Negeri China mengutip pernyataan Presiden Xi kepada Presiden Biden dalam panggilan kelima mereka sebagai pemimpin, melansir Reuters 29 Juli.

"Diharapkan AS akan dibersihkan tentang ini," sambung kementerian.

Presiden Xi mengatakan, Amerika Serikat harus mematuhi "prinsip satu-China" dan menekankan, China dengan tegas menentang kemerdekaan Taiwan dan campur tangan kekuatan eksternal.

Sementara itu, Presiden Biden mengatakan kepada Presiden Xi, kebijakan AS tentang Taiwan tidak berubah dan bahwa Washington sangat menentang upaya sepihak untuk mengubah status quo atau merusak perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan, kata Gedung Putih, merujuk pada perairan selebar 100 mil yang memisahkan Taiwan pulau dari daratan.

Seorang pejabat senior AS yang memberi pengarahan kepada media tentang pertemuan itu mengatakan, kedua pemimpin telah membahas kemungkinan mengadakan pertemuan tatap muka pertama sebagai pemimpin dan mengarahkan tim mereka untuk menyelidiki hal ini.

Biden telah menekankan pentingnya menjaga jalur komunikasi terbuka di Taiwan dan keduanya juga membahas bidang kerja sama, termasuk perubahan iklim, keamanan kesehatan dan kontra-narkotika, kata pejabat itu.

Sambil menyoroti Taiwan, Presiden Xi juga menekankan bahwa kedua negara, yang merupakan dua ekonomi terbesar di dunia, perlu menjaga komunikasi tentang kebijakan makroekonomi, rantai pasokan global, dan menjaga keamanan pangan dan energi global, kata pembacaan China.

Diketahui, Beijing telah mengeluarkan peringatan yang meningkat tentang dampak jika Pelosi mengunjungi Taiwan, yang mengatakan pihaknya menghadapi ancaman militer dan ekonomi China yang meningkat.

Kunjungan ketua DPR akan menjadi pertunjukan dukungan AS yang dramatis, meskipun belum pernah terjadi sebelumnya, untuk pulau itu, dan beberapa analis khawatir langkah seperti itu pada saat hubungan yang penuh ketegangan dapat memicu krisis besar dan bahkan bentrokan yang tidak diinginkan.

China telah memberikan beberapa petunjuk untuk tanggapan spesifik yang mungkin dilakukan jika Pelosi, seorang kritikus lama terhadap Beijing, terutama pada masalah hak asasi manusia, melakukan perjalanan, yang belum dikonfirmasi olehnya.