Catat 44 Kasus Infeksi, Australia Tetapkan Cacar Monyet Sebagai Signifikansi Nasional
Ilustrasi cacar monyet. (Wikimedia Commons/CDC Public Health Image Library)

Bagikan:

JAKARTA - Australia menyatakan cacar monyet sebagai insiden penyakit menular yang signifikan secara nasional, memperbarui pedoman tentang siapa yang harus diimunisasi sebelum vaksin yang lebih baru tersedia.

Pada hari Kamis kepala petugas medis, Paul Kelly, mengungkapkan bahwa ada 44 kasus penyakit di Australia, sebagian besar pada pelancong internasional yang kembali, orang berusia 21 hingga 40 tahun dan pria yang berhubungan seks dengan pria.

Menyusul deklarasi oleh Organisasi Kesehatan Dunia pada awal Juli yang menyebut cacar monyet sebagai darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional, Australia mendeklarasikan sebagai insiden penyakit menular nasional.

Deklarasi tersebut berarti respons terhadap cacar monyet akan memiliki koordinasi nasional, untuk membantu negara bagian dan teritori dengan wabah, melansir The Guardian 28 Juli.

Sementara itu, Australian Technical Advisory Group on Immunization (Atagi) juga memperbarui panduan klinisnya tentang vaksinasi cacar monyet, untuk memasukkan penggunaan vaksin MVA-BN bernama Jynneos untuk mempersiapkan pasokan yang tiba di Australia.

“Pasokan terbatas (MVA-BN Jynneos) telah diamankan oleh persemakmuran dan beberapa negara bagian dan teritori,” katanya. Tidak jelas apakah pasokan ini telah tiba di Australia, dengan permintaan yang tinggi secara global.

Terpisah, Menteri Kesehatan Mark Butler mengatakan kepada Guardian Australia awal pekan ini, pemerintah federal telah "secara aktif mengejar pasokan vaksin generasi ketiga MVA-BN jauh sebelum deklarasi WHO dibuat, mengakui ada pasokan terbatas dan permintaan global yang signifikan" .

Pemangku kepentingan kesehatan percaya bahwa pengumuman kesepakatan pasokan untuk vaksinasi baru sudah dekat.

Adapun Heath Paynter, wakil kepala eksekutif Federasi Organisasi AIDS Australia, mengatakan pemerintah perlu "menerapkan kebijakan untuk menahan virus dan mencegahnya menjadi endemik".

“Hal mendasar untuk ini adalah mendapatkan pasokan vaksin untuk pria gay dan biseksual yang berisiko terkena cacar monyet,” sebutnya kepada Guardian Australia.

“Kami berharap pemerintah mendapatkan dan memasok MVA-BN, yang merupakan satu-satunya vaksin yang aman dan efektif. Ini adalah satu-satunya pilihan yang dapat diterima,” paparnya menyebut ACAM2000 inferior.

“Australia memiliki kesempatan emas untuk turun tangan dan menghentikan cacar monyet, tetapi ia dapat dengan cepat menguap, dan begitu terjadi, ia hilang, seperti yang telah kita lihat di Montreal, London, New York dan Madrid, kota-kota dengan ratusan kasus transmisi komunitas,” tandasnya.

Kelly mengatakan sejak Mei Departemen Kesehatan telah bekerja dengan komunitas, negara bagian, dan teritori yang berisiko untuk memastikan “tanggapan kami terhadap MPX (cacar monyet) telah cepat dan terkoordinasi”.

Cadangan medis nasional memiliki stok perawatan cacar monyet yang tersedia, seperti antivirus, untuk diakses oleh negara bagian dan teritori berdasarkan permintaan, katanya.