Teliti 20 Video CCTV Magelang-Jakarta, Komnas HAM Pastikan Brigadir J Masih Hidup Saat Tiba di Rumah Irjen Ferdy Sambo
Komisioner Komnas HAM Choirul Anam/FOTO: Nailin In Saroh-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Komnas HAM telah memeriksa 20 rekaman CCTV yang tersebar di 27 titik perjalanan Brigadir J dan rombongan dari Magelang, Jawa Tengah menuju Jakarta. 

Dalam rekaman CCTV tersebut, Komnas HAM menegaskan, Brigadir J terlihat masih hidup hingga rumah singgah Kadiv Propam nonaktif Irjen Ferdy Sambo di Duren Tiga, Jakarta Selatan. 

"Dari 20 video dari 27 titik kami lihat semuanya dari Magelang sampai Duren Tiga, termasuk juga video sampai Kramat Jati," ujar Komisioner Komnas HAM Choirul Anam dalam konferensi pers di kantor Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 27 Juli. 

Dalam video tersebut, lanjut Anam, Brigadir J terlihat masih hidup dan masih bersama-sama rombongan serta keluarga Kadiv Propam nonaktif Irjen Ferdy Sambo, termasuk Putri Chandrawathi. 

"Yang paling penting dari video ini, di area Duren Tiga video memperlihatkan ada Irjen Ferdy Sambo, ada rombongan dari Magelang. Irjen Ferdy Sambo masuk duluan, setelah sekian waktu ada rombongan baru pulang dari Magelang. Di situ terlihat Bu Putri, ada almarhum Brigadir J," katanya.

"Sampai di Duren Tiga dia masih hidup dan rombongan yang lain dan semuanya sehat tidak kurang dari satu apa pun," jelas Anam.

Anam menambahkan, Komnas HAM akan menjadwalkan kembali pertemuan lanjutan dengan tim Siber Bareskrim Polri dan juga Labfor Polri pada pekan depan.  

Pertemuan kedua itu, tambah Anam, untuk mengetahui penyebab rusaknya CCTV di rumah singgah Kadiv Propam nonaktif Irjen Ferdy Sambo.

"Minggu depan kita akan ketemu lagi dengan tim Siber dan Labfor untuk memastikan itu, kalau rusak (CCTV rumah Ferdy Sambo) kenapa misalnya rusak, bisa ditarik atau kah tidak, bisa ngerekam atau kah tidak dan sebagainya, minggu depan itu bagian yang akan kami dalami dengan Labfor dan Siber," kata Anam.