Komnas HAM: Brigadir J Ikut Rombongan Tes PCR Usai Irjen Ferdy Sambo Tiba di Jakarta dari Magelang
Komisioner Komnas HAM Choirul Anam/FOTO: Nailin In Saroh-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Komnas HAM mengungkapkan dalam CCTV yang diperlihatkan Puslabfor Mabes Polri ada momen di mana rombongan Irjen Ferdy Sambo menjalani tes PCR di rumah singgah Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Momen ini sebelum terjadi insiden penembakan yang menewaskan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J. 

"Terkait PCR, dalam video itu, jadi kan rombongan dari Magelang sampai, terus habis itu yang kelihatan memang masuk rombongan itu terus baru masuk ke ruang PCR," ujar Komisioner Komnas HAM Choriul Anam dalam jumpa pers, Rabu, 27 Juli.

Anam mengatakan rombongan Irjen Ferdy Sambo melakukan tes PCR di rumah pribadinya di Duren Tiga. Dalam rekaman CCTV itu, kata Anam, Brigadir J adalah salah satu ajudan Irjen Sambo yang turut menjalani tes PCR.

"Siapa yang kelihatan di PCR? Semua rombongan itu di PCR salah satunya almarhum Yosua (Brigadir J),” kata Anam. 

"Pak Sambo video yang lain. Nanti pas pemeriksaan pak Sambo itu pertanyaan disimpan di waktu pemeriksaan pak Sambo," sambungnya.

Namun Anam menyebutkan, rumah lokasi dilakukan PCR bukan rumah singgah yang menjadi lokasi kejadian penembakan Brigadir J oleh Bharada E.

"Tapi apakah kedatangan itu langsung ke rumah TKP, tidak. Bukan TKP. Teman-teman pasti sudah mengetahui perjalanan dari mana ke mana. Silakan cek sendiri pemberitaan," ungkap Anam.