Rusia Dakwa 92 Militer Ukraina Lakukan Kejahatan Perang: Usulkan Pengadilan Internasional, Didukung Iran hingga Suriah
Ilustrasi militer Ukraina. (Wikimedia Commons/Ministry of Defense of Ukraine)

Bagikan:

JAKARTA - Kepala komite investigasi Rusia mengatakan, Moskow telah mendakwa 92 anggota angkatan bersenjata Ukraina dengan kejahatan terhadap kemanusiaan, mengusulkan pengadilan internasional yang didukung oleh negara-negara termasuk Bolivia, Iran dan Suriah sebagai langkah lanjut.

Media Pemerintah Rusia Rossiiskaya Gazeta pada Hari Senin mengutip kepala komite Alexander Bastrykin, menuduh "lebih dari 220 orang, termasuk perwakilan dari komando tinggi Angkatan Bersenjata Ukraina, serta komandan unit militer yang menembaki penduduk sipil."

Orang-orang Ukraina terlibat dalam "kejahatan terhadap perdamaian dan keamanan kemanusiaan, yang tidak memiliki undang-undang pembatasan," katanya, seperti melansir Reuters 25 Juli.

Bastrykin, yang komitenya menyelidiki kejahatan besar, mengatakan 92 komandan dan bawahannya telah didakwa, dan 96 orang, termasuk 51 komandan angkatan bersenjata, dinyatakan buron.

Reuters tidak dapat secara independen memverifikasi tuduhan komite tersebut. Pihak berwenang Ukraina tidak segera tersedia untuk dimintai komentar.

Terpisah, sebelum langkah Rusia, Amerika Serikat dan lebih dari 40 negara lain sepakat awal bulan ini untuk mengoordinasikan penyelidikan atas dugaan kejahatan perang di Ukraina.

Sejak meluncurkan apa yang disebutnya operasi militer khusus pada Bulan Februari, pasukan Rusia telah membom kota-kota Ukraina menjadi reruntuhan, meninggalkan mayat di jalan-jalan kota dan desa yang mereka tempati. Ukraina mengatakan puluhan ribu warga sipil telah tewas. Moskow menyangkal bertanggung jawab.

Ada juga beberapa laporan tentang orang Ukraina yang menganiaya tahanan Rusia, meskipun sebagian besar tuduhan yang didokumentasikan oleh badan-badan seperti PBB adalah dugaan kekejaman yang dilakukan oleh penjajah Rusia dan proksi mereka.

Bastrykin ditanya tentang penyelidikan komitenya terhadap tindakan pasukan keamanan Ukraina di Republik Rakyat Donetsk dan Lugansk yang dideklarasikan sendiri, wilayah separatis, yang didukung Moskow di timur industri Ukraina, dan apakah penyelidikan dapat dilakukan di bawah naungan PBB.

Mengingat bahwa "Barat kolektif" secara terbuka mendukung Ukraina, dia mengatakan akan lebih tepat untuk bekerja dengan mitra Rusia di Persemakmuran Negara-Negara Merdeka, Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif, kelompok BRICS dan Organisasi Kerjasama Shanghai.

Adalah "bijaksana" untuk melibatkan negara-negara dengan posisi independen di Ukraina, "khususnya, Suriah, Iran dan Bolivia," tambahnya.

Bastrykin mengatakan 1.300 investigasi kriminal telah dimulai terhadap anggota militer Ukraina, kepemimpinan politik, asosiasi nasionalis radikal, dan formasi bersenjata, dengan lebih dari 400 orang sejauh ini dimintai pertanggungjawaban.

Sasaran penyelidikan termasuk pegawai kementerian kesehatan Ukraina yang dia tuduh, tanpa memberikan bukti, mengembangkan senjata pemusnah massal, serta warga negara Inggris, Amerika Serikat, Kanada, Belanda, dan Georgia.

Diketahui, delapan kasus kriminal juga telah diluncurkan ke dalam serangan terhadap Kedutaan Besar Rusia atau perwakilan lainnya di Belanda, Irlandia, Lithuania, Republik Ceko, Polandia, Rumania dan Prancis, katanya.